Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Jambi Capai 4.66 Persen

0

JAMBI, BERITAANDA – Untuk mempercepat pertumbuhan perekonomian di suatu daerah, tidak bisa tergantung pada sumber daya alam yang ada, juga pada sumber daya manusianya.

Hal ini dikatakan Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Agus Sunaryo, saat membuka secara resmi forum pengembangan ekonomi daerah, Rabu (19/9/2018), di Hotel Golden Harvest Jambi. Turut mendampingi Karo Perekonomian dan SDA Setda Provinsi Jambi Mukhtamar Hamdi, SE ME dan Kabag Investasi Biro Perekonomian dan SDA Sri Hartati, SE MM.

Dikatakan oleh Agus Sunaryo, pertumbuhan ekonomi suatu daerah tidak terlepas dari adanya daya saing dari kegiatan usaha daerah tersebut.

“Pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jambi pada triwulan I tahun 2018 ini mencapai 4.66 persen, namun struktur perekonomian ini didominasi pada sektor pertanian, kehutanan, perikanan dan pertambangan.  Dalam artian bahwa Provinsi Jambi pada perekonomiannya masih bertumpu pada sektor primer, nilai tambah yang rendah harga, jual rendah, dan rentan fluktuatif,” jelas dia.

“Karena tergantung dari pasar regional dan internasional, oleh karena itu dibutuhkan transformasi ekonomi yang harus mulai bergeser dari sektor primer ke sektor sekunder, bahkan ke sektor tersier,” ucapnya lagi.

Untuk itulah, kata dia, Pemerintah Provinsi Jambi mengambil keputusan mengantisipasi akan permasalahan tersebut dengan mengambil kebijakan, yakni mempercepat pelabuhan Muara Sabak di Kabupaten Tanjabtim sebagai jalur perdagangan dalam maupun luar negeri. Kemudian, mempercepat pembangunan pelabuhan udara, dan meningkatkan kualitas tenaga kerja dengan memberikan pelatihan disertai dengan sertifikasi. (Inro)

Bagaimana Menurut Anda