Permohonan PHPU Ditolak, Jokowi-MA Dinyatakan Sebagai Presiden-Wapres Terpilih

119

NASIONAL, BERITAANDA – Ir. H. Joko Widodo dan Prof. KH. Ma’aruf Amin (Jokowi-MA) dinyatakan sebagai pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia terpilih oleh majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK), Kamis (27/6/2019) tepat pukul 21.16 Wib.

Hal itu terungkap ketika 9 orang anggota majelis hakim secara tegas menolak permohonan dari pemohon PHPU (Perselisihan Hasil Pemilihan Umum), pasangan calon nomor urut 02 Prabowo-Sandi. Setelah pembacaan hasil selama lebih dari 9 jam, pada akhirnya majelis menyatakan menolak permohonan pemohon secara keseluruhan.

Pembacaan hasil sidang yang dihadiri oleh para kuasa hukum pemohon, kuasa hukum pihak terkait (paslon Jokowi-MA), termohon (KPU dan Bawaslu RI) dilakukan di bawah penjagaan super ketat aparat keamanan dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Keputusan persidangan PHPU di MK yang merupakan hasil final dari rangkaian panjang pelaksanaan pemilihan presiden/wapres itu, sebelumnya sudah diprediksi banyak pihak.

Prof. Mahfud MD yang merupakan mantan Ketua MK misalnya, sejak awal sangat yakin bahwa permohonan PHPU pasti ditolak.

“Hasil persidangan PHPU sudah bisa diputuskan, karena tidak ada yang bisa dibuktikan atas apa yang dituduhkan sebagai kecurangan, jadi permohonan harus ditolak,” kata Mahfud beberapa hari lalu.

Keputusan MK malam ini direspon baik oleh kedua paslon. Bahkan Prabowo-Sandi telah memberikan pernyataan menghormati dan menerima keputusan tersebut hanya beberapa menit setelah majelis hakim MK selesai membacakan hasil persidangan PHPU 2019 tersebut.

Menyusul Joko Widodo pada beberapa menit kemudian juga telah menyampaikan pernyataannya, yang pada intinya mengajak seluruh anak bangsa untuk bersatu, melanjutkan pembangunan bangsa dan negara ke depan.

“Tidak ada lagi kosong satu, kosong dua, sekarang mari kita bersatu membangun Indonesia yang lebih maju, Indonesia yang lebih baik, Indonesia yang lebih sejahtera. Kami, Jokowi dan KH. Ma’aruf Amin akan menjadi pemimpin bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujar Jokowi. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda