Perkuat Lintas Sektoral Pengamanan Pemilu, Polres Sekadau Gelar Operasi Mantap Brata

0

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Guna memastikan kesiapan pengamanan pemilu lintas sektoral, Kepolisian Resor Sekadau mengadakan gelar Operasi Terpadu Mantap Brata Pengamanan Pemilu 2019, dilaksanakan di aula Mapolres Sekadau, Rabu (19/9/2018) pagi.

Hadir dalam kegiatan itu Kapolres Sekadau AKBP Anggon Salazar Tarmizi S.Ik, Sekda Drs.H.Zakaria M.Si, Kasat Pol PP, Kadis Perhubungan dan perwakilan TNI serta para perwira di jajaran Polres Sekadau.

Kapolres yang menyampaikan amanat Kapolri menegaskan bahwa, apel gelar pasukan ini diselenggarakan di seluruh jajaran, dengan tujuan untuk mengecek kesiapan personel, sarana, dan prasarana sebelum diterjunkan untuk melaksanakan pengamanan.

“Dengan demikian, pemilu tahun 2019 akan dapat terselenggara dengan aman, lancar, dan damai,” ujar Anggon.

Diterangkan Kapolres lagi, pemilihan umum dapat dikatakan sebagai penanda utama demokrasi (the hallmark of democracy). Karena masyarakat diajak untuk ikut serta menentukan pemimpinnya pada periode mendatang. Dalam kaitan tersebut, bangsa Indonesia akan kembali menyelenggarakan pesta demokrasi Pemilu tahun 2019 yang tahapannya tengah berlangsung saat ini.

“Pemilu tahun 2019 memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas, karena untuk pertama kalinya pileg dan pilpres akan dilaksanakan secara serentak dengan ambang batas parlemen/parliamentary threshold sebesar 4%. Kondisi ini akan menuntut pada adanya upaya maksimal dari masing-masing partai politik dalam berkompetisi secara ketat untuk meraih suara sebanyak-banyaknya,” papar Anggon.

Beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan aparat dalam operasi antara lain, perkuat soliditas dan sinergisitas TNI dan Polri guna mewujudkan pemilu yang aman, lancar, dan damai. Jaga netralitas Polri dan TNI, serta hindari tindakan yang dapat mencederai netralitas TNI dan Polri dalam penyelenggaraan setiap tahapan pemilu.

Kedepankan langkah proaktif dengan mengoptimalkan deteksi dini guna mengetahui dinamika yang berkembang untuk selanjutnya dilaksanakan upaya pencegahan dan penanganan secara dini. Mendorong seluruh elemen KPU, Bawaslu, caleg, parpol dan masa pendukungnya, pemda, media, tokoh masyarakat, serta pengawas pemilu independen untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diemban sesuai dengan peraturan yang berlaku. (TIM/Aji Humas Polres)

Bagaimana Menurut Anda