Peringati Hari Lingkungan Hidup, PLN Ajak Mahasiswa Gelar Aksi Bersih Pantai di Lampung

12

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni 2024, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Lampung melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) menggelar aksi bersih pantai bertajuk Coastal Clean Up (CCU) Action di Pantai Gunung Kunyit, Teluk Betung, Bandar Lampung.

Kegiatan ini melibatkan pegawai PLN UID Lampung dalam aksi relawan Green Employee Involvement dan menggandeng Komunitas Pecinta Alam Artala dari Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya Bandar Lampung dengan total partisipasi mencapai 150 orang.

General Manager PLN UID Lampung, Sugeng Widodo didampingi jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Teluk Betung, Bintara Pembina Desa (Babinsa), dan manajemen pengelola Pantai PT Teluk Wisata Lampung secara langsung mengikuti kegiatan Coastal Clean Up yang berhasil mengumpulkan 1 ton sampah tersebut.

“Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada hari Rabu 5 Juni 2024 kemarin, hari ini kami berkumpul untuk bersama-sama membersihkan pantai sebagai bentuk kepedulian lingkungan yang penting untuk dijaga bersama selain untuk wisata juga pantai memiliki peran penting dalam keseimbangan ekosistem darat dan laut,” ungkap Sugeng, Ahad (9/6/2024).

Selain itu, program ini juga merupakan komitmen dari PLN dalam menerapkan prinsip environmental, social and governance (ESG) dalam menjalankan proses bisnis untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan.

Sugeng juga menjelaskan bahwa PLN memiliki program employee volunteer program yang mendorong seluruh insan PLN untuk secara aktif terlibat dalam kegiatan sosial kemasyarakatan baik dalam bentuk kegiatan korporat maupun aktivitas sehari-hari.

“Kami sebagai insan PLN, secara khusus diberikan arahan untuk dapat berperan aktif dalam berbagai kegiatan relawan sosial kemasyarakatan. Sehingga kami berharap keterlibatan pegawai dalam aksi hari ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat agar selalu peduli terhadap lingkungan sekaligus menjadi ladang amal untuk kita bersama,” jelas Sugeng Widodo.

Sementara itu, Humas PT Teluk Wisata Lampung Bambang Sumantri selaku pengelola Pantai Gunung Kunyit, menyampaikan apresiasinya kepada PLN dalam pelaksanaan kegiatan aksi bersih pantai.

“Kami menyambut baik kegiatan aksi bersih pantai ini dari PLN yang juga bekerja sama dengan Darmajaya sehingga dapat mendorong anak-anak muda ikut berpartisipasi membersihkan lingkungan disekitarnya,” jelas dia.

Ia menyampaikan harapannya supaya pantai tersebut dapat menjadi tujuan wisata bagi masyarakat Provinsi Lampung maupun dari luar daerah.

“Karena dari segi lokasi, Pantai Gunung Kunyit ini memiliki potensi yang cukup besar untuk dapat menjadi destinasi wisata Kota Bandar Lampung,” tutup Bambang. (Katharina)

Bagaimana Menurut Anda