Peringatan Hari Santri Nasional Juga Digelar di Beltim

0

BELTIM-BABEL, BERITAANDA – Peringatan Hari Santri Nasional juga digelar di Masjid Al Hidayah Kampung Arab Desa Kurnia Jaya Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur (Beltim), mengangkat tema ‘Dengan Berjiwa Santri Damailah Negeri’ yang diisi berbagai macam acara. Seperti pembacaan salawat nabi serta tausyiah oleh Pimpinan Ponpes Badau, Senin (22/10/2018).

Kepala Kantor Depag Kabupaten Beltim Masdar mengatakan, dengan ditetapkannya Hari Santri Nasional oleh pemerintah pada tanggal 22 Oktober 2015, ini merupakan tonggak keseriusan pemerintah untuk terus menegakkan nilai-nilai keagamaan.

“Ini merupakan rangkaian dari Hari Santri Nasional ketiga. Sebelumnya sudah dilakukan di kantor kita. Untuk tahun yang datang kita isi dengan berbagai macam kegiatan yang sifatnya keagamaan,” ungkap Masdar

Sementara itu, Pimpinan Pondok Pesantren Badau Kyai Muhammad Yusuf menyampaikan pesan moral serta berbagai makna apa yang dimaksud dengan santri.

“Santri itu bukan saja anak-anak yang mondok di pesantren, melainkan semua yang belajar agama, juga anak yang belajar mengaji kepada para guru ngaji, ustadz, serta kyai yang ada dimanapun. Itu juga mereka merupakan santri,” jelas Kyai.

Lebih lanjut Kyai menjelaskan, pesantren itu punya ciri khas masing-masing. Santri itu juga harus mempunyai sifat yang dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam kepada kita semua.

“Belajar tingkatan di dalam pesantren dimulai dari berbagai kitab-kitab, yang kemudian untuk disampaikan kepada masyarakat. Sumber daya masyarakatnya harus ada, kalau tidak ada SDM-nya, ya bagaimana. Ilmu agama itu wajib dipelajari dengan semangat tinggi seperti para nabi,” pungkas Kyai. (Helmi M Fadhil)

Bagaimana Menurut Anda