Perayaan Lebaran di Maluku Tenggara Barat Dipastikan Berjalan Aman dan Lancar

0

SAUMLAKI, BERITAANDA – Menyambut perayaan Idul Fitri 1438 H di Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Kepolisian Resort MT bersama jajaran TNI, maupun pemerintah daerah setempat berkomitmen meningkatkan pengamanan di sejumlah tempat dan rumah ibadah untuk memastikan terselenggaranya ibadah Idul Fitri yang dimulai dari malam takbiran itu berjalan dengan aman dan terkendali.

Senin (19/6/2017) pagi, Polres MTB menggelar apel kesiapan operasi kepolisian dengan sandi Ramadniya Siwalima 2017, dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1438 H yang bertempat di Lapangan Mandriak, Saumlaki.

Pelaksanaan upacara apel gelar pasukan tersebut diikuti oleh personil Polres MTB dari berbagai satuan seperti 1 SST Sat Shabara dan Sat Polair, 1 SST gabungan staf Polres, 1 SST Sat Lantas, 1 SST gabungan Polsek Saumlaki dan Polsek Wertamrian, 1 SST gabungan Sat Reskrim, Sat Intelkam, dan Sat Narkoba.

Dari unsur kesatuan samping, hadir pula 1 SST dari Pangkalan TNI Saumlaki, 1 SST Sat Radar TNI AU 245 Saumlaki, 1 SST Yonif 734 Satria Nusa Samudera/Saumlaki, 1 Regu Sub Detasemen Polisi Militer Saumlaki, 1 SST Satuan Polisi Pamong Praja, 1 SST dari Dinas Perhubungan Kabupaten MTB, 1 Regu Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten MTB , 1 Regu Syabandar Saumlaki dan 1 Regu tim medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten MTB.

Selain personil, hadir pula pimpinan masing-masing seperti Wakil Bupati MTB, Kasdim 1507/Saumlaki, Wakil Danyon 734 SNS/Saumlaki, Dan Pos AD, tokoh agama, pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, serta para pejabat utama Polres MTB dan para Kapolsek jajaran.

Wakil Bupati MTB Agustinus Utuwaly bertindak selaku inspektur upacara, dan Kasat Sabhara Polres MTB, AKP. Nahum Tengah bertindak sebagai perwira upacara. Sementara KBO Sat Reskrim Polres MTB IPDA. Axel Panggabean bertindak sebagai komandan upacara.

Dalam amanat Kapolri yang dibacakan wakil bupati, menjelaskan bahwa dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, apel tersebut dilaksanakan sebagai pengecekan akhir kesiapan pasukan dalam melaksanakan operasi pengamanan perayaan hari raya Idul Fitri 1438 H 2017, baik dari aspek personil, sarana dan prasarana, anggaran serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, pemda, dan mitra kamtibmas lainnya.

Kapolri menekankan untuk perlu ditingkatkan kesiap-siagaan dan kewaspadaan diri maupun satuan dalam melaksanakan tugas, sehingga mampu merespon secara tepat dan cepat setiap bentuk gangguan kamtibmas yang terjadi.

Selanjutnya, para personel pengamanan agar tetap waspada dan terhadap setiap potensi gangguan yang ada dengan cara menyiapkan serta memelihara kondisi fisik dan mental untuk dapat senantiasa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Persiapkan seluruh peralatan, seluruh sarana, dan prasarana yang akan digunakan untuk mendukung keberhasilan operasi. Laksanakan tugas dengan penuh rasa ketulusan dan keikhlasan serta pengabdian terbaik, melalui tampilan sikap yang humanis dan simpatik,” katanya.

Selanjutnya para personil juga diharuskan untuk mampu memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya, baik di tempat ibadah, tempat tinggal, jalur lalu lintas, lokasi wisata, maupun tempat- tempat lainnya yang merupakan police hazard.

Wakil bupati Agustinus Utuwaly usai apel gelar pasukan tersebut kepada wartawan menjamin pelaksanaan kegiatan dalam rangka menyongsong hingga puncak perayaan Idul Fitri 2017 di wilayah MTB akan berjalan aman dan lancar.

“Pemerintah wajib memberikan perlindungan dan pengamanan kepada saudara-saudara kita yang beragama muslim dalam melaksanakan ibadah puasa sampai dengan hari raya Idul Fitri. Dalam konteks itu maka pemerintah daerah terus meningkatkan pembinaan dan arahan kepada masyarakat non Muslim untuk turut mendukung dan memelihara keamanan dan ketertiban,” katanya.

Sebelumnya, Polres MTB telah menggelar rapat koordinasi lintas sektoral dengan melibatkan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab MTB dan pimpinan DPRD, maupun sejumlah pimpinan instansi lain seperti pimpinan PT.PLN Saumlaki, Kepala Depot Pertaminan Saumlaki, Kepala Unit Pelaksana Kantor Pelabuhan Saumlaki, pimpinan Badan SAR Nasional, serta pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten MTB terkait dengan kesiapan jelang pelaksanaan Operasi Ramadaniyah.

Rakor lintas sektor yang digelar di ruang pertemuan polres MTB tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres, AKBP. Hery Dian Dwiharto, Jumat (16/6/2017) lalu.

“Kita akan siapkan 50 personil dan terus akan di back up dengan seluruh personil yang ada. Selain itu,  ditambah unsur satuan samping dengan total 100 orang,” kata kapolres saat itu.

Pelaksanaan gelar pasukan Operasi Ramadaniyah yang bertempat di lapangan Mandriak Saumlaki dilanjutkan dengan pemusnahan terhadap sejumlah barang bukti hasil operasi selama beberapa pekan terakhir.

Seperti sejumlah alat tajam yang diamankan petugas dari dalam sejumlah kendaraan beroda dua dan empat, petasan, pemusnahan 2.500 liter minuman keras produksi masyarakat lokal atau sopi, serta pemusnahan sejumlah makanan dan minuman, serta kosmetik yang kadaluarsa. (Edi)

Bagaimana Menurut Anda