Penyusunan Rancangan Peraturan Bupati Sergai Tentang JRA

109

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Perpusip) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) adakan kegiatan penyusunan rancangan peraturan bupati (perbup) tentang jadwal retensi arsip (JRA), di aula Sultan Serdang kantor Bupati Sergai Sei Rampah, Kamis (14/11/2019).

Bupati Sergai melalui Asisten III Karno Siregar mengatakan, kegiatan ini sangat penting, mengingat merupakan forum untuk dapat berdiskusi, bermusyawarah, dan bertukar pikiran tentang berbagai hal yang terkait dengan upaya penyusunan JRA masing-masing lembaga, khususnya pada Pemkab Sergai di dalam Pasal 48 UU No. 43 tahun 2009 tentang kearsipan dan Peraturan Pemerintah No. 28 Tahun 2012 tentang pelaksanaan UU No. 43 Tahun 2009 tentang kearsipan, bahwa salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pemerintah provinsi serta pemerintah kabupaten/kota adalah memiliki JRA.

“Retensi arsip ditentukan atas dasar nilai kegunaan dan fungsinya, maka untuk memudahkan serta mengetahui secara rinci perlu dibuat daftar arsip sesuai dengan pengelompokan dan aturan yang telah ditetapkan,” kata dia.

Kadis Perpusip Sergai Dra. Hj Salmiah, MM selaku panitia kegiatan menyebutkan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk menciptakan tertib arsip, dalam rangka transparasi dan akuntabilitas penyelenggara pemerintah serta penyelamatan arsip sebagai memori kolektif bangsa di lingkungan Pemkab Sergai.

Sementara Herli Selbi Simanjuntak selaku narasumber memaparkan tentang pendanaan penyelenggara kearsipan sesuai Peraturan Pemerintah No.28 Tahun 2012 Pasal 160 Ayat 2. Dan perubahan persepsi tentang kearsipan yaitu tentang arsip zaman old dan zaman now, kemudian ruang lingkup penyelenggaraan kearsipan serta dasar hukum penyelenggara kearsipan berdasarkan UU No.43 Tahun 2009 tentang kearsipan.

Di akhir acara, Herli Selbi Simanjuntak juga mengadakan sesi tanya jawab kepada para peserta yang hadir. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda