Penumpang Rute Internasional Turun 20 Persen

493

PALEMBANG, BERITAANDA – Adanya kasus virus corona yang menyerang Tiongkok dan juga menjangkiti sejumlah warga negara tetangga membuat aktivitas Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Kota Palembang ikut terdampak.

Kepala Angkasa Pura II Cabang Bandara Sultan Mahmud Badarudin II, Fahrozi mengatakan, jumlah penumpang rute internasional turun 20 persen dari biasanya.

Dikatakan dia, turunnya jumlah penumpang karena memang saat ini low season atau musim sepi penumpang, juga dibarengi adanya kasus corona.

“Hanya ada dua rute penerbangan langsung dari Palembang, yakni tujuan Kuala Lumpur oleh maskapai Airasia, dan Singapura dengan maskapai Scoot,” ujarnya, Jumat (14/2/2020).

Dia mengatakan, dua rute penerbangan ini diawasi ketat oleh tim gabungan untuk mencegah dan mengantisipasi penularan virus tersebut.

Caranya, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Kota Palembang memberikan kartu kewaspadaan kepada setiap penumpang yang datang dari China atau punya riwayat perjalanan ke China.

Kepala Seksi Karantina dan Surveilans Epidemiologi KKP Palembang Fenty mengatakan, kartu kewaspadaan diberikan kepada penumpang yang datang dari China atau punya riwayat perjalanan ke China, mengingat masa inkubasi virus corona baru sekitar 14 hari.

“Semua penumpang dari penerbangan luar negeri yang memiliki suhu tubuh di atas 38 derajat, flu dan batuk berulang kali juga akan langsung diawasi serius,” ujarnya.

Kartu kewaspadaan berisi data-data penumpang berdasarkan hasil pemeriksaan di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II. Kartu kewaspadaan itu bisa menjadi tambahan informasi bagi dokter puskesmas atau rumah sakit yang menangani pasien dengan gejala demam, batuk, dan gangguan pernafasan dalam melakukan diagnosis.

Apabila penumpang yang memegang kartu ini mengalami demam tinggi atau butuh pertolongan lebih lanjut selama 14 hari tersebut, disarankan segera mendapat bantuan medis terdekat seperti ke puskesmas, dokter atau rumah sakit terdekat.

Hingga kini, Imigrasi dan KKP belum mengidentifikasi adanya penumpang yang positif sasfek virus corona, baik yang berasal dari Tiongkok maupun yang memiliki riwayat perjalan ke negara lainnya yang terjangkit corona.

Sementara itu, Station Manager Airasia Palembang, Febriano Yoga, mengakui saat ini penumpang pesawatnya turun 20 persen atau rata-rata 10 penumpang memilih membatalkan penerbangan ke Malaysia.

“Penumpang memang turun 20 persen, tapi penyebab pastinya juga tidak tahu, karena tidak ada konfirmasi langsung dari calon penumpang mengapa membatalkan penerbangan,” ujarnya.

Yoga mengatakan, tiket yang dijual Airasia saat ini tidak turun atau ada promo, karena tetap menerapkan tarif normal. Selain itu, tiket yang sudah dibeli juga tidak bisa di refund atau dikembalikan, sebab terkait kebijakan penerbangan internasional.

“Hingga kini belum ada aturan khusus tentang refund tiket internasional, sehingga calon penumpang yang membatalkan penerbangan tiketnya langsung hangus,” jelasnya. (Febri)

Bagaimana Menurut Anda