Pengelolaan Sampah Perlu Tagung Jawab Bersama Antara Pemerintah dan Masyarakat

56

LAMBAR-LAMPUNG, BERITAANDA – Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Pemkab Lambar) Akmal Abd Nasir SH membuka kegiatan sosialisasi pengelolaan sampah yang dilaksanakan di aula Rumah Sakit Alimuddin Umar, Rabu (9/10/2019).

“Sampah merupakan salah satu permasalahan yang patut untuk diperhatikan. Karena volume peningkatan sampah sebanding dengan meningkatnya tingkat konsumsi manusia, sehingga pemanfaatan sampah harus diprioritaskan sebelum terjadinya pencemaran lingkungan yang mengganggu kesehatan masyarakat,” ungkap sekda.

Oleh karena itu, lanjut sekda, perlu adanya pengelolaan sampah.

“Pengelolaan sampah memerlukan kegiatan yang sistematis, menyeluruh, dan berkesinambungan yang meliputi pengurangan dan penanganan sampah. Dengan adanya sosialisasi pengelolaan sampah ini, maka diharapkan kita mengetahui cara-cara yang efektif dalam pengelolaan sampah,” jelas dia.

Kata sekda menambahkan, pengelolaan sampah menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat.

“Masalah sampah dapat dipecahkan dengan baik apabila peran aktif masyarakat meningkat, sehingga dapat membudayakan cara pembuangan sampah yang baik, mulai dari lingkungan rumah tangga hingga ke TPS,” pungkas dia. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda