Pemprov Lampung Gelar Operasi Pasar Untuk Stabilkan Harga Beras dan Tekan Inflasi

11

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Dalam rangka menanggulangi inflasi dan kenaikan harga kebutuhan pokok, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Lampung bersinergi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Satgas Pangan Polda Lampung, Badan Urusan Logistik (Bulog), dan Bank Indonesia menggelar operasi pasar khusus beras medium.

Kegiatan ini berlangsung di Pasar Kangkung Bandar Lampung pada Selasa (27/2/2024).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung, Evie Fatmawaty mengungkapkan, operasi pasar ini bertujuan untuk menyediakan beras berkualitas medium dari program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) dengan harga yang ekonomis yaitu Rp 52.000 per paket 5 Kg, sehingga lebih terjangkau bagi masyarakat.

Sebanyak 5 ton beras disediakan di Pasar Kangkung untuk inisiatif ini, total alokasi mencapai 1.000 ton beras medium yang telah disiapkan. Ini merupakan bagian dari upaya komprehensif pemerintah untuk mengurangi tekanan inflasi, dengan penyebaran hingga 300 lokasi di 15 kabupaten/kota di seluruh Lampung.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari strategi jangka panjang yang telah kami mulai sejak Desember tahun lalu. Kami berharap ini dapat mengurangi beban masyarakat, terutama menjelang bulan puasa dan Lebaran, dimana biasanya terjadi lonjakan harga,” terang Evie.

Penerima manfaat dari operasi pasar, seperti Ria, warga Bandar Lampung menyatakan rasa syukurnya.

“Saya membeli 10 Kg beras dengan harga yang sangat terjangkau. Ini sangat membantu,” ujarnya.

Pernyataan serupa juga diungkapkan oleh Atok, warga Bumi Waras, yang berharap program ini dapat berlanjut untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Operasi pasar ini tidak hanya terbatas di Pasar Kangkung, tetapi akan berlanjut di lokasi-lokasi lain seperti Pasar Panjang, Pasar Tugu, Pasar Smep, dan Pasar Wayhalim, sebagai bagian dari inisiatif berkelanjutan Pemprov Lampung dalam menstabilkan harga kebutuhan pokok dan mengendalikan inflasi di wilayahnya. (Katharina)

Bagaimana Menurut Anda