Pemkot Prabumulih Gelar HPSN dan HLHS di Kawasan TPA, Ternyata Ini Maksudnya

521
Salah satu peserta mendapat hadiah dan penghargaan dalam kegiatan ini, diserahkan oleh Walikota Prabumulih.

PRABUMULIH, BERITAANDA – Berlokasi di kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sungai Medang Kelurahan Sungai Medang Kecamatan Prabumulih Timur Kota Prabumulih Sumatera Selatan, digelar kegiatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) sekaligus Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) tahun 2019 tingkat Kota Prabumulih, Jumat (1/3/2019) pagi.

Kegiatan yang digelar Pemkot Prabumulih tersebut juga melibatkan dari berbagai stakeholder, diantaranya pihak Kajari, Polres, Pengadilan, serta berbagai mitra semisal Pertamina EP Asset II Prabumulih, PT. Kalingga Murda, perwakilan rumah sakit yang berada di Kota Prabumulih, dan masih banyak lainnya.

Diawali dengan senam bersama walikota dan masyarakat Prabumulih.

Tampak selain itu juga, diadakan perlombaan melukis oleh siswa sekolah dasar, dan menggambar karakter di media bekas galon air mineral oleh warga yang didominasi dari kaum perempuan.

Walikota Prabumulih Ir. H. Ridho Yahya dalam sambutannya menjelaskan, bahwa kegiatan yang diadakan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat betapa pentingnya menjaga lingkungan sekaligus turut mendukung program nasional.

“Beberapa waktu lalu kita sudah melakukan rapat koordinasi dengan 5 kementerian, yang membahas terkait gerakan peduli sampah, lingkungan, kemudian peduli kebersihan. Maka sebagai bentuk tindak lanjut tersebut, hari ini kita gelar kegiatan ini,” jelas walikota.

Walikota Prabumulih Ir. Ridho Yahya saat menyampaikan sambutannya terkait HPSN di kawasan TPA Sungai Medang.

“Selain itu di kelurahan-kelurahan sudah kita programkan dana sekitar Rp250 juta. Dimana seratus juta lebih diperuntukkan untuk terciptanya kebersihan, kesehatan, dan keindahan di wilayah masing-masing kelurahan,” ucapnya lagi.

Lebih lanjut dituturkan pria asal Ogan Ilir itu, ia juga menerangkan bahwa pengelolaan TPA di Sungai Medang ini sudah sedemikian baik. Terbukti kolam retensi yang berada di dekat berlangsungnya kegiatan ini tidak tercium aroma busuk.

Kemudian, lanjut dia, kegiatan ini diproyeksikan sebagai salah satu pemicu agar masyarakt terus berjibaku dalam menjaga lingkungan alam sekitar mereka. “Sebab itulah alasan kita memilih lokasi ini,” jelasnya

Tak hanya itu, kata walikota, di kawasan ini kita juga menanam bibit pohon. Dan dalam waktu dekat juga dengan melibatkan elemen masyarakat, stakeholder baik kecamatan, kelurahan, sekolah-sekolah yang  ada, juga akan melakukan kegiatan jalan santai sambil memungut sampah.

“Ini tentunya bukan kegiatan instan, namun kedepan akan menjadi agenda Pemkot Prabumulih,” pungkasnya, sambil berharap agar peran wartawan juga bisa menyampaikan informasi ini seluas-luasnya ke tengah masyarakat.

Warga yang menjadi peserta senam dalam kegiatan HPSN Kota Prabumulih.

Sementara itu, Yuni, salah satu warga yang dibincangi BERITAANDA di sela kegiatan tersebut, mengaku mengapresiasi tinggi atas apa yang dilakukan oleh Pemkot Prabumulih tersebut.

Sebagai warga, dirinya tak menampik bahwa Prabumulih saat ini terus berbenah dan makin menunjukkan kemajuan signifikan.

“Seperti contohnya kegiatan ini. Saya selaku warga sangat mengapresiasi atas upaya Pemkot Prabumulih guna menjadikan Kota Prabumulih makin bersih dan masyarakatnya juga peduli lingkungan. Semoga kedepan kegiatan serupa juga terus makin digalakkan,” tukasnya.

Walikota Prabumulih menanam bibit pohon di kawasan TPA Sungai Medang.

Pantauan di lapangan, kegiatan itu sendiri berlangsung lebih kurang tiga jam, dimulai pukul 06.00 Wib dan berakhir sekitar pukul 09.00 Wib.

Adapun dalam kegiatan ini juga dibagikan doorprize bagi warga yang ikut dalam kegiatan. Tampak selain jajaran pemkot, mitra pemerintah, TNI, Polri, ratusan warga juga hadir memadati lokasi tersebut. (Adie/ADV)

Bagaimana Menurut Anda