Pemkab PALI Kembali Akan Gelar Festival Candi Bumi Ayu

22

PALI, BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PALI melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kembali bakal menggelar Festival Candi Bumi Ayu (FCBA), bertempat di Kawasan Candi Bumi Ayu Desa Bumi Ayu Kecamatan Tanah Abang.

Pelaksanaan FCBA tahun 2024 dipastikan akan lebih meriah dari tahun sebelumnya. Dimana, peserta lebih ramai karena berasal dari 17 kabupaten / kota yang ada di Provinsi Sumatera Selatan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten PALI Novita Febrianti ST MT didampingi Kabid Kebudayaan, Siska Akhira SH menerangkan, bahwa pelaksanaan FCBA akan digelar pada akhir bulan Mei nanti.

“Insya Allah FCBA akan digelar dari tanggal 29-31 Mei 2024. Selama tiga hari di Kawasan Candi Bumi Ayu Kecamatan Tanah Abang. Dengan mengusung tema ‘melestarikan cagar budaya melalui kesenian tradisional untuk ketahanan budaya’,” ujar Novita, Rabu (8/5/2024),

Kadisbudpar juga menjelaskan bahwa berbagai macam kegiatan digelar dalam FCBA tahun 2024. Seperti permainan tradisional rakyat, lomba teatrikal, lomba mewarnai tingkat TK dan SD, seminar budaya dan penampilan band lokal serta pameran.

“Untuk peserta permainan tradisional berasal dari SMP dan SMA yang berasal dari PALI, kemudian lomba teatrikal berasal dari 17 kabupaten / kota di Provinsi Sumsel, kemudian seminar budaya dari masyarakat, pemdes, pemerintah kecamatan, pelajar, komunitas pemuda dan budaya, serta OPD lingkup Pemkab PALI,” terangnya seraya mengatakan, bahwa pihaknya telah melakukan rapat bersama pihak terkait lainnya.

Ditambahkan Siska Akhira, bahwa dalam lomba teatrikal yang diikuti oleh 17 kabupaten / kota se-Provinsi Sumsel, para peserta nantinya akan menampilkan cerita rakyat khas masing-masing daerah.

“Tentu lomba ini yang akan ditunggu-tunggu, karena setiap perwakilan daerah akan menampilkan cerita rakyat. Sehingga akan tampak beranekaragam budaya tampil meriah di Kawasan Candi Bumi Ayu,” ujarnya.

Siska Akhira juga mengatakan bahwa kegiatan FCBA kembali digelar agar masyarakat di Sumatera Selatan tertarik untuk kembali berkunjung di Kawasan Candi Bumi Ayu.

“Kita ketahui, Candi Bumi Ayu merupakan salah satu cagar budaya nasional yang tidak hanya menjadi kebanggaan masyarakat PALI, tapi juga Sumatera Selatan. Untuk itu, kami tidak bosannya mengajak untuk mengunjungi dan mempromosikan Candi Bumi Ayu,” tutupnya. (RDT)

Bagaimana Menurut Anda