Pemkab Nias Gelar Rapat Bersama Dewan Ketahanan Pangan

0

NIAS-SUMUT, BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias menggelar rapat bersama Dewan Ketahanan Pangan, bertempat di aula kantor Dinas Pertanian Hiliweto Gido, Selasa (27/11/2018).

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Nias Fonaso Laoli, A.Md, SE dalam laporannya menyampaikan, penyelenggaraan rapat dewan ketahanan pangan ini sebagai salah satu wadah koordinasi perencanaan program peningkatan ketahanan pangan Kabupaten Nias antara anggota, sehingga dapat dirumuskan arah kebijakan yang direkomendasikan Bupati Nias dalam memantapkan perencanaan program kegiatan untuk mewujudkan swasembada pangan di wilayah Kabupaten Nias tahun 2018.

“Rapat ini merupakan tahap kedua sebagaimana hasil rumusan kesepakatan rapat dewan ketahanan pangan tahap pertama bulan Agustus 2018 yang lalu,” jelas dia.

Peserta pada rapat ini antara lain para kadis/badan/instansi/lembaga terkait selaku anggota Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Nias, para camat se-Kabupaten Nias, pimpinan balai Penyuluhan Pertanian Dan Ketahanan (BP2KP) serta pejabat struktural/pejabat fungsional dan staf lingkup Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

Selanjutnya segala pembiayaan pada kegiatan ini dibebankan pada DPPA–SKPD Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Nias tahun 2018.

Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, SH,MH dalam arahannya menyampaikan, dalam meningkatkan ketahanan pangan perlu melakukan program/kegiatan yang strategis sebagaimana hasil rumusan rapat Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Nias tahun 2018 tahap pertama, yakni program swasembada beras daerah, pengembangan komoditi padi, jagung dan pisang, pemanfaatan lahan pekarangan terpadu, pembangunan jalan sentra produksi, penanganan panen dan pasca panen serta pemasaran hasil pertanian.

Selanjutnya untuk tercapainya tujuan dan sasaran pembangunan ketahanan pangan, diminta perhatian yang serius dari seluruh kepala perangkat daerah dan instansi terkait lainnya, termasuk camat agar memikirkan hal-hal yang dapat mendorong peningkatan ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Nias.

“Kemudian untuk Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Kabupaten Nias, mulai tahun 2019 program kegiatannya perlu dipertajam dan fokus pada peningkatan ketahanan pangan dan pengembangan sumber daya aparatur dan masyarakat pertanian.”

“Untuk Dinas Ketenagaan Kerja dan Koperasi segera memikirkan penumbuhan dan pembinaan lembaga ekonomi di tengah-tengah masyarakat,” jelas dia.

Kemudian untuk Dinas Kominfo Kabupaten Nias, Arosokhi berharap tetap eksis dan proaktif untuk meliput, mendokumentasikan dan mempublikasikan setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh OPD teknis lingkup Pemerintah Kabupaten Nias. Juga kepada seluruh kepala perangkat daerah, camat memikirkan kegiatan terpadu yang dapat mendukung pengembangan pariwisata di Kabupaten Nias.

Diakhir katanya, Arosokhi mengharapkan melalui rapat ini agar fungsi Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten dapat diwujudkan, yakni pengembangan jaringan dan sistem koordinasi antar instansi pemerintah, swasta serta lembaga masyarakat untuk meningkatkan efektifitas program pembangunan ketahanan pangan wilayah Kabupaten Nias. (Ganda-Nias)

Bagaimana Menurut Anda