Pemkab Muara Enim Peringati HUT RI ke-74, Bupati Kobarkan Semangat Pejuang di Benak Generasi Milenial

303

MUARA ENIM, BERITAANDA – Bupati Muara Enim Ir. H. Ahmad Yani MM didampingi Wakil Bupati H. Juarsah, SH hari ini mengikuti upacara detik-detik peringatan proklamasi dan pengibaran bendera merah putih, dalam rangka HUT RI ke-74, bertempat di lapangan Merdeka, Sabtu (17/8/2019).

Dalam upacara tersebut, dipimpin langsung oleh Bupati Muara Enim selaku inspektur upacara, dimana rangkaian acara berjalan lancar dan hidmat.

Seusai upacara detik-detik peringatan proklamasi dan pengibaran bendera merah putih, kemudian dilaksanakan penyerahan bantuan dari pihak PT Bukit Asam berupa 2 unit mobil pemadam kebakaran dan juga bantuan dari PT Suprem Energy, yakni 1 unit mobil kebakaran.

Acara pun dilanjutkan ke Balai Agung Serasan Sekundang (BASS), dalam rangka acara ramah tamah dengan perintis kemerdekaan, pejuang, veteran, purnawirawan dan wredatama.

Bupati Muara Enim dalam sambutannya di acara ramah tamah tersebut, mengucapkan apresiasi tinggi dan ucapan terima kasih kepada para pejuang yang sudah hadir dalam merayakan HUT RI ke-74.

“Tema yang hadir di HUT RI ke-74 kali ini yakni ‘dengan semangat proklamasi 1945 kita dukung kepemimpinan nasional menuju Indonesia unggul demi kelanjutan pembangunan menuju Indonesia yang makin maju dan sejahtera, (SDM Unggul Indonesia Maju)’. Hal ini memberikan sinyalemen kepada kita untuk terus meningkatkan eksistensi dan jati diri kita sebagai bangsa di tengah arus globalisasi dewasa ini,” kata bupati membuka sambutannya.

Lanjut bupati, dalam memperingati HUT RI yang dilaksanakan secara serentak di seluruh nusantara berupa upacara peringatan detik-detik proklamasi, sepantasnya kita merenung dan mengingat kembali apa yang telah kita perbuat terhadap bangsa dan negara tercinta.

“Apalagi di tengah-tengah kita sekarang kita berbaur dengan para pejuang perintis kemerdekaan Republik Indonesia yang merupakan pelaku sejarah merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah,” jelas bupati.

“Mereka semakin lama akan berkurang jumlahnya, tapi harapan saya sebagai generasi penerus yang telah menerima nilai-nilai juang yang mereka korbankan akan tetap tertanam dalam sanubari kita masing-masing untuk meneruskan dan mengisi kemerdekaan,” tambah bupati.

Untuk mengenang dan mengingat jasa yang telah diberikan oleh para veteran kemerdekaan untuk bangsa dan negara, lanjut bupati lagi, pemerintah telah menetapkan setiap tanggal 10 Agustus hari veteran nasional.

“Maka setiap tahunnya, nanti akan diperingati hari veteran nasional,” jelas bupati.

“Dengan mengucap bismillah hirrahman nirrahim, setiap tanggal 10 Agustus saya kukuhkan sebagai hari veteran nasional,” ungkap Bupati Muara Enim dihadapan anggota veteran yang saat ini berjumlah 56 orang dan jumlah janda vetran sebanyak 86 orang.

Bupati kembali mengatakan, akhirnya melalui peringatan HUT RI Republik Indonesia ke-74, ia mengajak seluruh elemen masyarakat Kabupaten Muara Enim pada umumnya, kita yang hadir disini untuk terus mengobarkan semangat juang Proklamasi 17 Agustus 1945.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian uang santunan dan bingkisan kepada veteran dan janda veteran.

Seusai melaksanakan acara ramah tamah, Bupati Muara Enim beserta rombongan berkunjung ke Lapas  kelas II B Muara Enim dalam rangka pemberian remisi kepada napi.

Selanjutnya pada sore harinya, Wakil Bupati Muara Enim H. Juarsah, SH melaksanakan penurunan bendera merah putih.

Wakil Bupati Muara Enim H. Juarsah, SH saat dibincangi awak media menyampaikan apresiasi tinggi atas terlaksananya bendera yang dimulai dari penaikan dan penurunan.

“Terima kasih kami sampaikan kepada Paskibraka Muara Enim dan forkopimda serta pihak instansi lainnya yang sudah mensukseskan acara ini. “Sekali lagi kami mengucapkan banyak terima kasih,” pungkas dia. (Angga/ADV)

Bagaimana Menurut Anda