Pemkab Muara Enim Peringati Hari Kartini ke-139 Tahun 2018

0

MUARA ENIM, BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan peringati Hari Kartini ke-139 tahun 2018, Kamis (19/4/2018).

Mengangkat tema ‘dengan semangat Kartini meningkatkan kualitas pemberdayaan perempuan’, acara tersebut diselenggarakan di Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu.

Turut hadir Bupati Muara Enim Ir Muzakir Sai Sohar, Kapolres Muara Enim AKBP Afner Juwono, Sekda Ir Hasan Nudin, Ketua TPPKK Hj. Sinta Piramitha, Kepala Bappeda Dr.Ir.H.Abdul Nadjib, serta Gabungan Organisasi Wanita (GOW) yang ada di Kabupaten Muara Enim.

Bupati Muara Enim H Muzakir Sai Sohar dalam sambutannya mengatakan, Kartini merupakan sosok yang telah berjuang tulus, agar kaum wanita mendapatkan hak yang sama seperti kaum laki-laki. Oleh karena itu, kata bupati, lahirnya Kartini harus diteladani dalam membimbing masayarakat yang bahagia.

“Saat ini perempuan telah hidup setara dan sejajar dengan kaum laki-laki. Perempuan telah banyak ikut ambil bagian dalam pembangunan. Kaum perempuan Indonesia tidak ketinggalan dengan apa yang dikerjakan oleh kaum laki-laki,” ungkap Muzakir.

Bupati menegaskan, kesamaan derajat kaum perempuan dan laki-laki juga ada dalam Alquran surat Al Baqarah ayat 228, bahwa kaum wanita itu mempunyai hak dan kewajiban yang sama dengan kaum pria.

“Islam memberikan kedudukan dan perhatian sebaik-baiknya terhadap kaum perempuan. Agama Islam juga memberikan hak dan kewajiban yang sama terhadap perempuan dengan kaum laki-laki, sesuai tugas dan perannya masing-masing,” ucap bupati.

Selanjutnya bupati berharap, semoga dengan peringatan hari Kartini ini akan muncul generasi-generasi Kartini baru untuk terus berjuang.

“Baik sebagai seorang pejuang hak perempuan dan sebagai pondasi penting dalam kemajuan negara Indonesia pada umumnya, dan Kabupaten Muara Enim khususnya dari berbagai aspek,” pungkas dia.

Pada acara itu, juga diberikan penghargaan kepada 10 perempuan yang berpenampilan Kartini terbaik. Juga dilakukan pemotongan tumpeng. (Angga/ADV)

Bagaimana Menurut Anda