Pemkab Muara Enim Gelar RPJMD Tahun 2018

0

MUARA ENIM, BERITAANDA – Pemkab Muara Enim menggelar kegiatan konsultan publik rancangan awal rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) tahun 2018-2023, bertempat di ruang Pangripa Bappeda Nusantara, Rabu (17/10/2018).

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Muara Enim, DPRD Kabupaten Muara Enim, Forum Koordinasi Pimpinan Kabupaten Muara Enim, tim pendamping dan narasumber dari Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi, Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, instansi vertikal, perusahaan dan lembaga perbankan, forum CSR-PKBL, tokoh masyarakat, tokoh agama, organisasi kepemudaan, perguruan tinggi, LSM, insan pers, serta pengurus organisasi wanita Kabupaten Muara Enim.

Bupati Ahmad Yani menyampaikan, perencanaan pembangunan Kabupaten Muara Enim 5 tahun kedepan merupakan upaya kita bersama dalam mewujudkan Muara Enim untuk rakyat yang agamis, berdaya saing, mandiri, sehat dan sejahtera.

RPJMD adalah dokumen perencanaan daerah untuk periode 5 (lima) tahun, dan merupakan penjabaran dari visi, misi, dan program strategis bupati dan wakil bupati yang memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, pembangunan daerah dan keuangan daerah, serta program perangkat daerah dan lintas perangkat daerah yang disertai dengan kerangka pendanaan bersifat indikatif untuk jangka waktu 5 (lima) tahun yang disusun dengan berpedoman pada RPJPD dan dokumen perencanaan terkait.

“Dan pada saatnya, RPJMD akan menjadi pedoman perencanaan pembangunan tahunan yang dijabarkan dalam rencana kerja pemerintah daerah (RKPD),” katanya.

Lebih lanjut Yani mengatakan, RPJMD merupakan dokumen perencanaan yang diamanatkan Undang-undang RI Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, dan diatur dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, dan tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah.

Sementara itu, Kepala Bappeda Ramlan Suryadi menyampaikan, forum konsultasi publik ini merupakan bagian dalam tahapan penyusunan RPJMD Kabupaten Muara Enim tahun 2018-2023. Dan guna memenuhi amanat Permendagri 86 Tahun 2017 Pasal 47 Ayat (1) yang menyebutkan bahwa penyusunan rancangan awal RPJMD dimulai sejak kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih dilantik.

“Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa pada tanggal 18 September 2018 yang lalu, telah dilaksanakan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Muara Enim periode 2018-2023 oleh Gubernur Sumatera Selatan,” katanya.

“Untuk itu melalui forum ini kami mengharapkan masukan dan partisipasi dalam masing-masing tahapan dari semua pemangku kepentingan, guna penyempurnaan RPJMD Kabupaten Muara Enim tahun 2018-2023,” harapnya. (Angga/ADV)

Bagaimana Menurut Anda