Pemilu 2024, Bawaslu Ogan Ilir Ajak Insan Pers Tangkal Hoax

91

OGAN ILIR, BERITAANDA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ogan Ilir (OI) bersama dengan puluhan insan pers dari cetak, online dan elektronik yang bernaung di Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) OI, Ikatan Wartawan Online (IWO) OI serta Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) mengelar deklarasi media kawal pemberitaan Pemilu 2024 tanpa hoax.

Kegiatan konsolidasi pengawasan tahapan-tahapan kampanye dengan tema ‘peran media dalam menangkal hoax pada Pemilu serentak tahun 2023’ ini menghadirkan para narasumber lintas lembaga, seperti anggota Bawaslu Provinsi Sumsel, Kajari Ogan Ilir, Plt. Ketua KPU Ogan Ilir, Kapolres Ogan Ilir yang diwakili Kanit Pidkor, Kepala Dinas Kominfo Ogan Ilir dan Ketua PWI Sumsel.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Ogan Ilir Dewi Alhikmah Wati mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada semua pihak tak terkecuali dari awak media. Menurutnya, keberadaan media cetak, online dan elektronik sangat penting dalam mensosialisasikan seluruh tahapan Pemilu.

“Kita ingin mengcover seluruh insan pers yang bertugas di Ogan Ilir ikut serta dalam kegiatan ini. Akan tetapi, karena ada keterbatasan dalam beberapa hal, jadi tidak bisa diikutsertakan seluruhnya, untuk itu mohon maaf yang sebesarnya,” kata dia.

Lebih lanjut dikatakannya, kegiatan ini adalah salah satu bentuk ikhtiar kita untuk menggandeng mitra dalam menyukseskan Pemilu maupun Pilkada pada tahun 2024 yang berkualitas.

“Media sangat penting untuk memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat yang baik dan benar sehingga bisa menetralisir berita hoax di Pemilu tahun 2024. Media massa dan Bawaslu perlu bersinergi sebagai upaya pencegahan terhadap terjadinya pelanggaran Pemilu,” tukasnya.

Senada dikatakan oleh Muslandik, salah satu wartawan yang bertugas di Ogan Ilir, sangat mengapresiasi inisiasi Bawaslu yang menyelenggarakan kegiatan deklarasi tangkal hoax tersebut.

“Kita sangat mendukung dan siap berkolaborasi dengan Bawaslu dalam memerangi berita hoax agar supaya Pemilu tahun 2024 mendatang terlaksana dengan jujur adil dan bermartabat,” kata dia.

Adapun isi deklarasi media kawal pemberitaan Pemilu tahun 2024 adalah sebagai berikut:

  1. Senantiasa menjaga integritas dan menjamin kemandirian dalam pemberitaan pengawasan kepemiluan.
  2. Menaati kode etik jurnalistik serta pedoman perilaku penyiaran dan standar program siaran untuk
  3.  menciptakan Pemilu damai.
  4. Bersikap adil dan berimbang dengan memberikan kesempatan yang sama kepada semua pemangku
  5.  kepentingan kepemiluan secara transparan.
  6. Menguatkan pesan damai dan memberi solusi pada peristiwa konflik serta tidak memperuncing situasi diantara pemangku kepentingan kepemiluan.
  7. Siap meluruskan disinformasi, berita bohong dan palsu untuk mencerdaskan pemilih melalui
  8.  pemberitaan edukasi pengawasan kepemiluan.
  9. Senantiasa menyampaikan pesan pengawasan partisipatif dalam diseminasi Informasi kepemiluan.
  10. Siap berkolaborasi untuk ikut serta mengawasi penyelenggaraan Pemilu.

Bagaimana Menurut Anda