Pembangunan Taman Terumbu Karang di Pariaman Dibantu CSR Pertamina

0

PARIAMAN-SUMBAR, BERITAANDA – Pembangunan Taman Terumbu Karang di Pariaman mendapatkan bantuan langsung dari PT Pertamina melalui Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Minangkabau.

Sebelumnya, Pertamina juga pernah memberikan bantuan CSR untuk wilayah konservasi penyu, Pariaman.

“Bantuan CSR dari DPPU Minangkabau ini sebagai bentuk kepedulian perusahaan atas upaya pelestarian di wilayah sekitar operasi PT Pertamina, khususnya ekosistem laut berupa Taman Terumbu Karang,” ujar Ridwan, Operation Head DPPU Minangkabau, Selasa (5/9/2017).

Ia berharap bantuan ini dapat berdampak sebagai daya tarik wisata di Kota Pariaman. Masyarakat sekitar yang memiliki wisata khusus maupun keahlian khusus seperti diving, dapat melihat hasil Reef Garden yang akan ditempatkan di sekitar Pulau Ujung, Pariaman.

Ridwan juga meminta kepada masyarakat dan nelayan untuk turut serta menjaga kelestarian terumbu karang maupun lingkungan disekitarnya.

“Dengan adanya wilayah konservasi yang dibantu Pertamina ini, diharapkan pengelolaan ruang lautnya akan lebih teratur dari daerah yang tidak termasuk dalam wilayah konservasi,” tambah perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Prov Sumatera Barat, Albert Christianto.

Sehingga, kata dia, kawasan konservasi ini dapat menyerupai wilayah konservasi yang ada di timur Indonesia. Seperti Rajaampat, Wakatobi, Bunaken dll. Dan diharapkan wisata bahari dapat terkelola dengan baik.

Saat ini Pemprov Sumbar sedang menyusun tata ruang laut yang dinamakan rencana zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil.

Dalam rencana zonasi tersebut, yang dimuat hanya 4 yakni pemanfaatan umum, kawasan konservasi, kawasan strategis nasional tertentu, dan alur laut.

Terkait kawasan konservasi, semua kawasan yang berada di 12 KM perairan Kota Pariaman masuk dalam kawasan konservasi dan zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil.

Sementara itu, Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman menambahkan, pembuatan taman terumbu karang tersebut dibangun, maka bisa berdampak pada sisi ekonomi dan pariwisata setempat. (Faris)

Bagaimana Menurut Anda