Pelatih Timnas U-22: Kemenangan Atas Thailand Sangat Berarti

83

OLAHRAGA, BERITAANDA – Tim Nasional U-22 Indonesia sukses membuka laga perdana Grup G SEA Games 2019 dengan kemenangan. Tim asuhan Indra Sjafri berhasil menaklukkan Thailand dengan skor 2-0 di Stadion Rizal Memorial, Manila pada Selasa (26/11/2019) sore.

Dua gol Garuda itu diciptakan oleh Egy Maulana Vikri di menit ketiga dan Osvaldo Haay di menit ke-86.

Pelatih Timnas U-22 Indonesia, Indra Sjafri bersyukur atas kemenangan yang diraih tim asuhannya pada laga tersebut. Menurutnya, kemenangan yang berhasil Garuda Muda raih sangat berarti bagi Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan untuk mengarungi SEA Games 2019 ini.

“Alhamdulillah memulai turnamen dengan baik. Kemenangan tadi sangat berarti untuk bisa bersaing di grup B ini. Terima kasih kepada semua pemain. Apa yang kami rencanakan, game plan hadapi Thailand benar-benar tejadi. Termasuk gol pertama dari setpiece corner yang bisa menghasilkan gol yang sudah kami latih. Kami sangat puas karenanya,” kata Indra usai laga, Selasa (26/11/2019).

Indra mengungkapkan strategi permainan yang disiapkan untuk melawan Thailand adalah dengan memanfaatkan setpiece dan memancing Thailand untuk keluar dari area bertahannya. Pelatih asal Sumatera Barat itu menilai Garuda Muda beruntung karena bisa mencetak gol dengan cepat sehingga bisa menjadi pembeda pada laga tersebut.

“Saya siapkan tim lawan Thailand ada beberapa hal kami bisa gunakan untuk ambil keuntungan. Satu (gol) setpiece dan kedua Thailand kami ajak main deep dan counter. Counter attack baik di babak kedua,” ujar Indra.

Pelatih yang sukses membawa Indonesia juara Piala AFF U-19 2013 dan Piala AFF U-22 2019 ini menyebut sudah mempersiapkan pola permainan meredam Thailand. Dan sore ini anak asuhnya menjalankan strategi dengan baik. “Kami juga sudah adaptasi lapangan sintetis sebelumnya. Terima kasih kepada PSSI yang telah memberikan fasilitas kepada kami agar dapat latihan di lapangan sintetis. Termasuk program uji coba dengan lawan-lawan yang berkualitas,” kata Indra.

Senada dengan itu, penyerang Indonesia, Osvaldo Haay bersyukur dapat mencetak gol dan mengantar kemenangan Indonesia atas Thailand. “Kami hari ini bermain bagus, sangat senang dapat mengalahkan Thailand. Selanjutnya kami harus fokus karena masih ada empat pertandingan lagi di penyisihan grup,” kata Osvaldo.

Pada laga selanjutnya, Indonesia akan melawan Singapura di tempat yang sama tanggal 28 November 2019. Laga Indonesia melawan Singapura akan kick off pukul 20.00 Wib. (*)

Sumber: republika.co.id

Bagaimana Menurut Anda