Pelaku Pembobol Indomaret Sukadana di Dor Polisi, Kepala Minimarket Ikut Terlibat

1245

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Minimarket Indomaret yang berada di bilangan Jalan Letnan Darna Jambi Kelurahan Sukadana Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan seakan sudah menjadi target empuk bagi para pelaku kejahatan dalam melancarkan aksinya. Lantaran bukan kali pertama menjadi sasaran perampokan.

Di awal tahun 2014 silam, minimarket tersebut mengalami perampokan. Saat itu, pelaku menembak salah satu karyawan menggunakan senjata api tepat mengenai bagian perut. Meskipun korban berhasil selamat, tetapi pelaku berhasil menggasak uang tunai dan barang-barang dari dalam minimarket tersebut.

Dan selang 3 tahun kemudian, tepatnya Minggu 1 Oktober 2017 sekira pukul 22.40 Wib, perampok kembali beraksi. Saat itu menyekap tiga orang karyawan minimarket di kamar mandi, hingga berhasil merampas uang tunai Rp35 juta serta barang-barang dagangan. Diperkirakan total kerugian mencapai kurang lebih Rp40 juta.

Kali ini, Selasa (7/5/2019) sekira pukul 22.15 Wib, perampok kembali menyatroni dan menguras habis isi brankas yang berada di gudang minimarket tersebut, sehingga berhasil membawa lari uang tunai sebesar Rp94.182.800. Modusnya, pelaku terlebih dahulu menurunkan MCB listrik dari luar, lalu merangsek masuk ke dalam sambil menyandera karyawan.

Kejadian tersebut diketahui oleh korban Sugeng Santoso (33), Supervisor Indomaret asal Desa Balian Makmur Mesuji Raya, dan Ardian Bentar (30) selaku Kepala Indomaret asal Desa Ulak Jermun SP Padang. Serta saksi Firman (20), karyawan Indomaret asal Desa Kandis Ogan Ilir dan Nur Hasanah (18), juga karyawan Indomaret asal Desa Lubuk Sakti, Indralaya, Ogan Ilir.

Namun kali ini, tak butuh waktu lama pasca terjadinya perampokan, jajaran Satreskrim Polres OKI pimpinan AKP Agus Prihardinika yang seakan mendapat tantangan tersendiri, akhirnya berhasil ungkap kasus tersebut. Dimana 3 orang pelaku, 2 orang diantaranya terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas di kaki, Jumat (10/5/2019) kemarin.

Terungkapnya kasus ini sendiri, setelah penyidik Satreskrim Polres OKI melakukan pemeriksaan secara intensif terhadap pelapor Ardian Bentar (30), Kepala Minimarket Indomaret Sukadana yang menjadi korban langsung saat peristiwa perampokan terjadi, hingga akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.

“Setelah penyidik melakukan pemeriksaan intensif terhadap pelapor Ardian Bentar, didapatkan fakta yang mengarah kepada keterlibatan Kepala Minimarket Indomaret ini yang akhirnya ditetapkan sebagai tersangka,” ungkap Kapolres OKI AKBP Donni Eka Syaputra didampingi Kasat Reskrim AKP Agus Prihardinika.

Setelah dilakukan penetapan tersangka, masih katanya, Tim Opsnal Reskrim melakukan pengembangan terhadap pelaku lain. Karena pada saat ditangkap, Ujang (27) dan Jalil (33), yang sama – sama warga Kelurahan Tanjung Rancing Kayuagung tersebut, melawan untuk berupaya melarikan diri. Sehingga dilakukan tindakan tegas dan terukur.

“Barang bukti berupa 1 bilah senjata tajam jenis pedang panjang 60 cm, 1 bilah pisau panjang 30 cm, uang sebesar Rp19,3 juta, Kalung emas 1/2 suku dan 2 unit handphone berikut 3 orang tersangkanya saat ini telah kita amankan guna pemeriksaan lebih lanjut,” tandasnya.

Dijelaskannya, Selasa (7/5/2019) lalu sekira pukul 22.15 Wib, ketika MCB listrik minimarket tersebut diturunkan dari luar oleh 2 orang pelaku yang belakangan diketahui adalah Ujang dan Jalil. Saat itu, karena listrik padam, Ardian Bentar lalu keluar hendak memeriksa.

“Begitu dia keluar, tiba-tiba didorong masuk oleh Ujang dan Jalil seraya mengancam dengan menggunakan senjata tajam jenis pisau dan langsung dibawa ke dalam minimarket menuju ke arah gudang tempat brankas penyimpanan uang tunai hasil penjualan berada,” ungkapnya.

Setiba disana, lanjutnya, pelaku Ujang dan Jalil langsung memaksa Ardian Bentar, yang merupakan Kepala Minimarket Indomaret untuk membuka isi brankas. Setelah terbuka, Ujang dan Jalil mengambil uang tersimpan di brankas sebesar Rp94.182.800. Keduanya langsung pergi setelah mendapatkan uang tersebut. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda