Pegajahan Akan Dicanangkan Jadi Desa Bersih Narkoba

212

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Penyalahgunaan dan peredaran narkoba yang sering terjadi di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), membuat Badan Narkotika Nasional (BNN) setempat mengadakan bimbingan teknis (bimtek) penggiat anti narkoba di lingkungan masyarakat, khususnya yang berada di Kecamatan Pegajahan.

Acara tersebut bertempat di aula RM Simpang Tiga Kelurahan Simpang Tiga Pekan Kecamatan Perbaungan selama dua hari, Rabu (21/8/2018) hingga Kamis (22/8/2019) sore.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sergai Drs. Adlin Tambunan mengatakan, Indonesia darurat narkoba sehingga dibutuhkan peran aktif dari desa dan kecamatan untuk mencegah penyalahgunaan narkoba tersebut.

“Diharapkan dengan menggunakan anggaran dana desa bisa membentuk relawan anti narkoba dan perdes tentang Pencegahan, Pemberantasan, dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) serta melaksanakan sosialisasi tentang bahaya pemakaian narkoba,” katanya.

“Desa Pegajahan Kecamatan Pegajahan akan dicanangkan menjadi desa bersih narkoba (bersinar), dan pada tanggal 26 September 2019 akan dijadikan pilot project bersinar pada desa se-Kabupaten Sergai,” pungkas Adlin Tambunan.

Pada bimtek hari pertama dihadirkan narasumber Eben Totonta Kanan selaku Pembina Yayasan Medan Plus, Kapolsek Perbaungan yang diwakili Kanit A. Situmorang, serta Camat Pegajahan Sudaris, S.Sos.

Sementara pada bimtek di hari kedua ini juga diisi oleh narasumber Mahdalena Hutagalung selaku SKM Kasi Rehabilitasi dan Yusuf Bangun SH. MM serta Rido Siagian S.Sos. Di akhir acara memaparkan tentang rencana kegiatan desa bersinar. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda