Peduli Korban Bencana Alam di Sumbar, Pemkab Muba Bakal Gelar Aksi Sosial Galang Dana

7

MUSI BANYUASIN, BERITAANDA – Sebagai bentuk kepedulian terhadap korban bencana gempa bumi yang terjadi disejumlah wilayah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) bakal menggelar aksi penggalangan dana.

Hal ini diketahui dalam rapat yang dipimpin oleh Asisten III Setda Muba Drs. Safaruddin bersama Ikatan Keluarga Minang (IKM) Muba, jajaran perangkat daerah, camat, serta sejumlah pihak perbankan, perusahaan dan BUMD dalam wilayah Kabupaten Muba, bertempat di Ruang Rapat Serasan Sekate Sekretariat Daerah Kabupaten Muba, Senin (27/5/2024).

Dalam rapat itu dibahas terkait langkah-langkah yang akan dilakukan Pemerintah Kabupaten Muba dalam rangka mengoordinir penggalangan dana.

“Kita perlu keroyokan dan masifkan lagi, dalam rangka memberikan bantuan terhadap saudara kita di Sumatera Barat,” kata Safaruddin.

Selain akan mengoordinir lebih luas lagi dalam lingkungan pemerintahan, ia juga mengajak seluruh masyarakat serta pihak perusahaan ikut berpartisipasi aktif pada aksi sosial itu.

“Ini sudah menjadi tradisi Pemerintah Kabupaten Muba sebagai bentuk kepedulian terhadap saudara-saudara kita yang mengalami musibah, baik didalam maupun yang terjadi di luar negeri. Seperti yang kita lakukan untuk Palestina. Untuk itu tentunya pembukaan donasi ini akan dimaksimalkan dengan harapan dapat meringankan beban korban bencana alam di Sumatera Barat,” imbuhnya.

Ketua IKM Muba Drs. Irzal Nazaruddin sangat bersyukur atas respons dan tanggapan Pj. Bupati Muba H. Sandi Fahlepi dan jajaran atas musibah yang menimpa Sumatera Barat.

Dirinya menyebutkan untuk daerah terparah mengalami dampak gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Agam, Tanah Datar, Lima Puluh Kota, dan Padang Panjang.

“Kami sangat bersyukur Pak Pj. Bupati Muba dan jajaran antusias merespons keluh kesah kami terkait musibah yang menimpa saudara kita di Sumatera Barat,” ujarnya.

Lanjutnya, setelah terkumpul, donasi tersebut direncanakan akan dilepas penyalurannya oleh Pj. Bupati Muba bersamaan dengan pelantikan pengurus Kecamatan IKM Muba di Kecamatan Sungai Lilin pasca hari raya Idul Adha mendatang.

“Untuk pelantikan, setelah lebaran haji, dan saat itu juga kami akan mengadakan penggalangan dana, dan pelepasan bantuan dari Pak Pj. Bupati, dijadikan satu apa yang dikumpulkan IKM dan dari Pemkab Muba,” tuturnya.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Muba H. Pathi Riduan SE ATD MM mengatakan, rapat tersebut merupakan tindak lanjut dari kegiatan audiens yang dilakukan IKM Muba ke Pj. Bupati Muba pada tanggal 21 Mei 2024 lalu.

“Ini tindak lanjut instruksi Pak Pj. Bupati sebagai bentuk kepedulian kita terhadap korban bencana alam di Sumatera Barat,” pungkasnya. (Sansida)

Bagaimana Menurut Anda