Pasukan Reaksi Cepat Marinir Dikirim ke Donggala dan Palu

0

JAKARTA, BERITAANDA – Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRC PB) Marinir yang telah disiapkan Pasukan Marinir (Pasmar) 1 Jakarta dan Pasmar 2 Surabaya dikirimkan untuk membantu percepatan penanganan korban gempa Donggala dan Palu.

Pasukan pertama yang dikirimkan dalam kerangka satuan tugas (satgas) PRCPB Marinir ini diberangkatkan Sabtu (29/9/2018) pukul 10.00 Wib, dengan menggunakan pesawat Hercules dari Bandara Halim Perdanakusumah Jakarta.

Sebanyak 51 personel pasukan dibawah pimpinan Letkol Mar.Teguh Santoso ini membawa kelengkapan antara lain tenda rumkitlap, tenda serba guna, fieldbed, genset, solar cell, tabung oxygen besar/kecil, tandu dan obat-obatan.

Berikutnya dari Surabaya, Pasmar 2 mengirim pasukan reaksi cepat sebanyak 100 personel yang diterbangkan dengan pesawat Hercules dari Bandara Lanudal Juanda Surabaya pukul 12.45 Wib.

Pasukan dibawah Komando Letkol Laut (K) drg. Bachtiar Efendi ini membawa kelengkapan berupa mobil ambulance, sepeda motor, genset, tenda malvinas, tenda peleton, tandu lapangan, meja instrumen, set dental, mesin foging, fielbed, swimfest, dapur lapangan, perlengkapan pertukangan dan logistik prajurit (beras, mie instan dan roti kabindo).

Pengiriman 151 pasukan reaksi cepat Marinir yang tergabung dalam satgas PRC PB Marinir tersebut akan bergabung dengan 100 prajurit Marinir dari Yonmarhanlan VI Makassar, yang pada Sabtu dinihari telah berada di sentra bencana gempa di Donggala dan Palu.

Mereka akan melaksanakan tugas mulia bergabung dengan pasukan TNI dan unsur terkait lainnya dalam proses penanganan dan evakuasi korban serta pemulihan pasca gempa. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda