Pastikan Situasi Tetap Kondusif, Polres OKI Kembali Sambangi Desa Sungai Sodong dan PT SWA

102

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Agar tak terjadi konflik sosial ditengah masyarakat di wilayah hukumnya, seperti antara masyarakat Desa Sungai Sodong Kecamatan Mesuji Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan PT SWA beberapa waktu lalu. Polres OKI menyikapi hal tersebut dengan terus berupaya menjaga dan menciptakan kamtibmas yang aman, damai dan kondusif, serta serius setiap terjadi konflik sosial di Kabupaten OKI.

“Akhir-akhir ini Polres OKI sangat intens melakukan kegiatan pencegahan konflik sosial yang terjadi di Desa Sungai Sodong dengan PT SWA,” ujar Kapolres OKI AKBP Hendrawan Susanto melalui Kasi Humas IPTU Hendi Yusrian, Ahad (26/5/2024).

Kata dia, itu dilakukan sebagai upaya deteksi dini penyelesaian konflik sosial disana. Karena sejak lama, permasalahan keduanya terjadi sehubungan dengan lahan 633 Ha yang sampai saat ini masih dipermasalahkan.

“Upaya mediasi sudah dilakukan oleh Polda Sumsel dan Polres OKI. Bahkan ini jadi atensi khusus dari Polda Sumsel, sehingga Polres OKI rutin melakukan giat sambang dan patroli, baik di Desa Sungai Sodong maupun PT SWA,” tandas dia.

Seperti Sabtu (18/5/2024) lalu, lanjut dia, Polres OKI kembali menyambangi kedua wilayah dengan melibatkan 60 personel Polres OKI. Rombongan dipimpin Kabagren Polres OKI didampingi Kapolsek Mesuji AKP Bambang Wiyono SH.

“Tiba di kediaman Samsul selaku Kepala Desa Sungai Sodong pukul 10.00 WIB. Kedatangan Polres OKI disambut langsung oleh kades, dan beliau menyampaikan bahwa situasi saat ini masih sangat kondusif,” ucap dia.

Sedangkan rombongan yang menuju ke PT SWA tiba sekira pukul 10.45 WIB, dipimpin Kasat Intel dan Kasat Binmas didampingi Kanit Sosbud Sat Intelkam. Lanjut dia, disambut Farel selaku security di kantor PT SWA, dan Imanuel yang merupakan asisten harian perusahaan.

“Saat itu pimpinan perusahaan sedang tidak berada di tempat. Namun menurut keduanya, sampai saat ini situasi masih aman terkendali. Para karyawan terus melaksanakan kegiatan, baik pembersihan, pemupukan, penanaman dan pembersihan land clearing yang ditumbuhi semak belukar. Serta tak ada lagi permasalahan dan gesekan, baik perusahaan dan juga masyarakat Desa Sungai Sodong, situasi aman dan kondusif.

“Apabila ada yang sengaja menyebarkan isu yang tidak benar, itu hoax, dengan maksud memperkeruh situasi, dan menyudutkan pihak tertentu. Dan jangan sampai warga Sungai Sodong dan PT SWA terprovokasi dan melakukan konflik atau kekerasan. Semoga situasi yang kondusif ini dapat terus terjaga,” harap dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda