Parpol di Sekadau Deklarasikan Pemilu Damai 2019

0

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Pengurus partai politik (parpol) di Kabupaten Sekadau, Minggu (16/9/2018) pagi, menyatakan sepakat menciptakan situasi kondusif dan damai dalam pelaksanaan tahapan Pemilu 2019. Kesepakatan ini terwujud dalam momentum sosialisasi pengawasan partisipatif oleh Bawaslu, sekaligus deklarasi Pemilu damai 2019 oleh Polres Sekadau di Vinca Borneo Hotel.

Beberapa point penting dalam deklarasi ini antara lain, partai politik setuju untuk melaksanakan Pemilu 2019 secara aman, damai, sejuk dan kondusif. Siap bekerjasama dengan penyelenggara dan pengawas pemilu untuk tidak mengangkat isu – isu yang berbau SARA.

Partai politik dapat mengendalikan massa pendukungnya masing – masing, serta mendukung sepenuhnya tindakan tegas aparat hukum sesuai prosedur dan ketentuan perundangan-undangan yang berlaku, dan siap untuk dipilih dan siap untuk tidak dipilih dalam Pemilu 2019.

Ketua Bawaslu Sekadau Nursoleh SH.i dalam paparannya tentang pengawasan partisipatif mengakui jika pihaknya merasa terbatas dalam pengawasan jalannya tahapan pemilu.

“Yang diawasi teridiri dari penyelenggaraan pemilu, partai politik dalam caleg,” ujar Soleh.

Untuk itu, ia menyatakan perlunya sinergisitas antara instansi dalam pengawasan pemilu, baik bersama pemerintah daerah maupun unsur TNI-Polri.

“Pengawasan pemilu tanpa memandang partai politik dan instansi tidak akan bisa. Bawaslu juga dituntut untuk adil dan menegakkan keadilan dalam pemilu,” papar Soleh.

Pasca dilaksanakannya pembacaan kesepakatan damai oleh partai politik, digelar pula kegiatan show of force oleh Bawaslu, KPU, kepolisian, TNI ke masyarakat di Pasar Sekadau dalam bentuk pembubuhan tandatangan masyarakat di atas spanduk pemilu damai. (TIM)

Bagaimana Menurut Anda