Paparan dr. Zam Zanariah Pukau Siswa SMAN 6 Bandar Lampung

61

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Dalam masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) siswa-siswi, pihak SMAN 6 Bandar Lampung meminta Gerakan Nasional Anti Narkoba (Ganas Annar)  MUI Kota Bandar Lampung untuk mengisi MPLS dengan penyuluhan anti narkoba.

Penyuluh Ganas Annar MUI Kota Bandar Lampung dr. Zam Zanariah, Sp.S.M.Kes mengisi tentang implikasi dari segi kesehatan mengenai bahaya narkoba. Sementara Ustadz Romzi memberikan edukasi di bidang keagamaan mengenai penyalahgunaan narkoba, serta Nirwan dan N.Rahman menyampaikan tujuan hadirnya Ganas Annar MUI Kota Bandar Lampung di masyarakat.

Dra. Hj. Hayati Nufus selaku Kepala Sekolah SMAN 6 Bandar Lampung menyampaikan, saat MPLS atau yang dulu biasa disebut masa orientasi sekolah (MOS), banyak sekolah yang mengundang mengisi penyuluhan narkoba, sebab telah dimasukkan dalam kurikulum MPLS.

Sementara itu, dr. Zam Zanariah menjelaskan, penyuluhan ini dilakukan agar siswa-siswi ini paham dan lebih berhati-hati terhadap peredaran narkoba, serta bahaya yang akan ditimbulkan dari gaya hidup yang tidak sehat.

Disamping itu, lanjut dr.Zam, penyuluhan dimaksudkan untuk memperluas informasi kepada para siswa tentang bahaya narkoba yang mengakibatkan hancurnya masa depan generasi muda penerus perjuangan bangsa.

“Narkoba merupakan pembunuh massal. Sebab, dampak dari penggunaannya sangat fatal karena kerusakan yang ditimbulkannya permanen. Hal ini sesuai hasil penelitian pihak medis, bukan hanya katanya atau slogan saja, sehingga perlu kita lakukan penyuluhan kepada pelajar agar mengetahui bahaya narkoba tersebut,” papar dia.

Penyuluhan yang sangat ditail mengenai pencegahan narkoba yang telah disampaikan dr. Zam tersebut memberikan inspirasi bagi siswa-siswi baru SMAN 6.

Wajar saja, sebab dr. Zam mendapat banyak dukungan dari masyarakat Bandar Lampung untuk mencalonkan diri di kancah pemilihan walikota periode 2020. Karena sosok dr.Zam selalu jadi perbincangan hangat di masyarakat. Bukan tidak hanya di kaum tua, bahkan milenial pun sangat menyanjung beliau.

Reza mewakili siswa baru yang mengikuti kegiatan dan berinteraksi langsung dengan dr. Zam mengungkapkan, ia sangat senang dan antusias menerima transfer ilmu dari seorang dr. Zam yang memiliki segudang ilmu, sehingga kami mendapatkan banyak pengetahuan tentang bahaya narkoba.

“Bahkan teman-teman saya banyak yang termotivasi dengan beliau, sehingga kami ingin meraih cita-cita setinggi mungkin,” tukas dia. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda