Pantau Kondisi Petugas PPK, Dinkes OKI Terjunkan Tim Medis

381

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Untuk memantau kesehatan petugas yang melakukan rekapitulasi penghitungan surat suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ilir (Dinkes OKI) menerjunkan tim medis untuk melakukan pemeriksaan sekaligus memantau kondisi para petugas PPK.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKI Lubis SKM menyebutkan, pengecekan kesehatan tersebut dilakukan menyusul banyaknya pemberitaan anggota PPK dan KPPS yang meninggal dunia karena kelelahan.

“Bahkan di Kabupaten OKI, salah satu anggota KPPS Desa Sukamulya yang meninggal karena kelelahan, untuk itu kita berinisiatif untuk men-standby-kan tim medis di setiap PPK,” jelasnya, Selasa (23/4/2019).

Ditambahkan dia, penghitungan suara pada pemilihan umum (pemilu) ini cukup panjang dan melelahkan, sehingga banyak memakan korban jiwa di sejumlah daerah. Bahkan, hingga kini proses penghitungan masih berlangsung.

Hal itu tentunya menguras stamina para penitia, baik Panitia Pemungutan Suara (PPS) maupun Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya menurunkan tim medis di setiap kecamatan guna melakukan pemeriksaan kesehatan petugas.

“Tim medis ini akan standby hingga penghitungan suara tingkat kecamatan selesai, kita berharap tidak ada lagi petugas PPK yang meninggal,” ucapnya.

Selain petugas PPS dan PPK, kata Lubis, pemeriksaan kesehatan juga dilakukan terhadap petugas keamanan, baik itu TNI, Polri, hingga hansip yang selama ini telah bertugas, baik sebelum maupun setelah pemilihan berlangsung.

“Dari hasil pemeriksaan, banyak petugas yang merasa kelelahan akibat kurang istirahat. Pemeriksaan ini kita lakukan hingga proses pemilu selesai,” jelas dia.

Katanya, pihaknya juga menyediakan vitamin dan obat-obatan bagi petugas yang mengalami kelelahan.

“Kita sudah menyediakan obat-obatan dan juga vitamin untuk petugas yang mengalami kelelahan,” terang dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda