Nihil Papan Informasi, Pengecoran Jalan di Payaraman Terkesan Proyek ‘Siluman’

946
Kondisi jalan cor beton di area kalangan (pasar) Payaraman dan area Puskesmas usai dikerjakan, Rabu (13/11/2019).

INDRALAYA-OI, BERITAANDA – Di Kabupaten Ogan Ilir (OI) Sumatera Selatan (Sumsel), proyek ‘siluman’ ternyata masih saja terjadi. Kali ini proyek tanpa papan informasi itu berada di Kelurahan Payaraman Timur Kecamatan Payaraman OI.

Pantauan di lapangan pada Rabu (13/11/2019) pagi, proyek dimaksud adalah pengecoran jalan dari pasar (kalangan) Payaraman hingga ke arah Puskesmas, sepertinya baru saja selesai dikerjakan. Namun tidak diketahui secara jelas siapa atau CV mana yang mengerjakan proyek ini. Apakah pihak kelurahan, ataupun dari Dinas PU Ogan Ilir, sekaligus juga tidak tersedianya berapa jumlah biaya yang dikeluarkan dalam pengerjaan proyek tersebut.

Hal ini tentunya bisa menimbulkan kecurigaan publik. Pembangunan yang bersumber dari dana negara ataupun daerah, wajib menyertakan papan proyek sebagai sarana informasi, sehingga tidak memunculkan asumsi negatif di tengah-tengah masyarakat, kalau proyek yang berlangsung itu ada indikasi penyelewengan dan lain sebagainya. Dan bila tidak ada papan proyek tersebut, bisa dikategorikan sebagai sebuah pelanggaran.

Perlu diketahui, adapun amanat undang-undang serta peraturan tentang papan proyek dan sarana informasi itu tertuang dalam UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 70 Tahun 2012 tentang perubahan kedua atas Perpres Nomor 54 Tahun 2010 tentang pengadaan barang/jasa pemerintah. (Adie)

Bagaimana Menurut Anda