Musrenbang Kecamatan Lempuing Jaya, Camat Puji Kades Bisa Input Usulan ke Aplikasi SIPD

80

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Bertempat di aula rapat kantor Kecamatan Lempuing Jaya. Unsur Tripika, Kades, Kepala Sekolah, Pimpinan Puskesmas, tamu undangan lainnya, juga pihak Bappeda Kabupaten OKI berkumpul menghadiri giat musrenbang kecamatan, Rabu (28/2/2024).

Dalam sambutannya, Camat Lempuing Jaya HM. Rusman Malik SH M.Si mengatakan, kegiatan ini tindak lanjut dari musrenbang desa, dimana usulan yang telah didapat akan disampaikan pada musrenbang tingkat kecamatan, lalu dibawa ke tahap berikutnya.

“Dan menurut pihak Bappeda OKI untuk wilayah Kecamatan Lempuing Jaya selalu update, pemerintah desa aktif menginput ke aplikasi SIPD hingga usulannya masuk semua. Artinya, kades benar-benar tidak salah pilih sekdes, yang selalu mengisi SIPD,” ujar Camat.

Sebetulnya, musrenbang kecamatan digelar hari ini, seperti kegiatan seremonial atau untuk pengesahannya saja. Kata Camat lagi, sebab usulan sudah masuk semua diinput ke SIPD, tinggal lagi Bappeda memilah mana yang skala prioritas untuk wilayah Lempuing Jaya.

“Jadi pihak Bappeda tak perlu lagi datang ke desa, karena Alhamdulillah, jaman teknologi sudah canggih. Oleh karena itu, kegiatan di Kecamatan Lempuing Jaya terkait digitalisasi desa, harus dibantu terus oleh para kades dan jangan perhitungan masalah biaya untuk pulsa atau kuota internet,” ujar Camat.

Inilah pentingnya, jadi Pak Sekdes tidak perlu lagi bawa banyak berkas ke Bappeda, kini cukup menginput ke SIPD lalu kirim. Lanjut Camat, seandainya nanti butuh di print, baru dilakukan. Jadi itu pentingnya digitalisasi desa, sehingga semua usulan dalam wilayah Kecamatan Lempuing Jaya bisa masuk.

Sementara itu, Kabid Infrastruktur dan Kewilayahan pada Bappeda OKI SP M.Si Hendri Wardison mengatakan, program yang dihasilkan dalam musrenbang kecamatan kali ini hendaknya merupakan program prioritas kebutuhan masyarakat dan sekaligus dapat menjawab permasalahan yang ada.

“Kemudian akan disinkronisasikan serta diintegrasikan dengan program OPD dan pokok-pokok pikiran anggota DPRD OKI dalam forum musrenbang RKPD kabupaten yang akan datang,” pungkasnya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda