Muara Enim Kembali Raih Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik dan UNPSA 2018

0

MUARA ENIM, BERITAANDA – Kabupaten Muara Enim kembali menerima penghargaan atas terpilihnya 2 (dua) inovasi sebagai Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018 yang diselenggarakan Kementrian PANRB.

Penyerahaan penghargaan dilakukan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syarifudin, Rabu (19/9/2018) malam, di Jakarta.

Adapun 2 inovasi tersebut yaitu Rumah UMKMK Gerbang Serasan dan Silakan Deh (Layanan Keuangan dan Aset Daerah).

Rumah UMKMK Gerbang Serasan merupakan inovasi yang mengoptimalkan fungsi KKMB (Konsultan Keuangan Mitra Bank) dalam mendampingi UMKMK (Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi). Peran Konsultan Keuangan Mitra Bank (KKMB) dalam melakukan pembinaan terhadap kapasitas UMKMK tidak hanya dalam kaitannnya dengan akses perbankan tetapi juga penguatan kapasitas UMKMK.

Rumah UMKMK Gerbang Serasan juga merupakan pusat dalam mengakses berbagai informasi dan fasilitas demi kemajuan usahanya sehingga mereka bisa mengembangkan bisnis.

Selain kedua penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik, Kabupaten Muara Enim juga mendapatkan penghargaan atas keikutsertaan mewakili Indonesia dalam UNPSA (United Nation Publik Service Award) tahun 2018 Melalui inovasi Gerbang Serasan.

UNPSA merupakan ajang inovasi pelayanan publik tingkat dunia yang diselenggarakan PBB.

Turut hadir menerima penghargaan tersebut Wakil Bupati Muara Enim, Asisten Administrasi Umum, Kepala Bappeda dan Kepala Bagian Setda.

Sementara itu, Inovasi Silakan Deh (Layanan Keuangan dan Aset Daerah) adalah inovasi berupa layanan “one stop services“ dalam bidang pengelolaan keuangan dan aset daerah. Layanan yang disediakan berupa penyediaan fasilitas laboratorium keuangan dilengkapi dengan layanan pemberian konsultasi pendamping/bimbingan teknis.

Bupati Muara Enim Ahmad Yani menyampaikan apresiasinya kepada pemkab yang telah menjadi finalis dalam acara ini.

“Saya bangga terhadap prestasi Muara Enim, dan sangat bersyukur serta bangga atas terpilihnya 2 inovasi dari Kabupaten Muara Enim. Ini merupakan kerja keras dan usaha dari setiap elemen pemerintahan daerah selama ini,” jelas A.Yani.

Kemudiaan bupati berharap, penghargaan yang diterima Kabupaten Muara Enim dapat menjadi motivasi dan memacu perangkat daerah lainnya untuk berlomba-lomba menciptakan inovasi yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Muara Enim.

“Dan hal ini juga menjadi salah satu motivasi kami yang baru saja dilantik untuk berkomitmen melakukan perubahan ke arah lebih baik di Muara Enim,” tegas dia.

“Penghargaan yang baru kita terima malam ini merupakan penghargaan pertama kali setelah kita dilantik beberapa hari lalu. Namun ini merupakan awal mula pemicu semangat kita untuk membangun Muara Enim ke arah yang lebih baik lagi,” tutupnya. (Angga/ADV)

Bagaimana Menurut Anda