Muara Enim Jadi Tuan Rumah Rapat Teknis Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel

349

MUARA ENIM, BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) menggelar acara rapat teknis kebudayaan dan pariwisata Provinsi Sumatera Selatan, bertempat di Balai Agung Serasan Sekundang (BASS) Kota Muara Enim, Senin (9/3/2020) malam.

Untuk tahun ini, Muara Enim ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan rapat teknis tersebut. Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) juga turut adil dalam penyelenggaraan rapat teknis kali ini.

Dalam laporannya, ketua pelaksana sekaligus Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Aufa Syahrizal mengatakan, rapat kerja awal tahun ini bertujuan untuk mewujudkan sasaran pembangunan di bidang pariwisata, yang menjadi program terpadu di Sumsel. Diantaranya sinergisitas pemerintah pusat dan pemerintah kabupaten/kota dalam mensukseskan tercapainya visi dan misi Pemprov Sumsel.

“Insya Allah, kami akan berkunjung ke Bedegung. Jujur, selaku warga Sumsel, belum pernah ke Bedegung. Dengan adanya destinasi wisata seperti Curug Tenang Bedegung ini, menjadi suatu contoh di Sumsel masih banyak keindahan alam yang tersebar. Termasuk diantaranya Air Terjun Bedegung yang tak kalah indahnya,” kata Aufa.

Sementara itu Plt. Bupati Muara Enim mengucapkan selamat datang kepada pejabat Pemprov Sumsel di Bumi Serasan Sekundang.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Muara Enim, kami siap mendukung terlaksananya rapat teknis ini,” jelas dia.

Plt. Bupati mengajak semua lapisan bersama menggerakkan pertumbuhan ekonomi dengan cepat melalui bidang pariwisata, guna meningkatkan ekonomi pembangunan di Susmel.

“Berdasarkan visi Presiden RI, terdapat kata kunci yaitu negara pariwisata kelas dunia. Definisi dari kata tersebut adalah menjadikan Indonesia sebagai salah satu pilihan utama wisatawan untuk berkunjung, tentunya dengan destinasi yang menarik, aksesibilitas yang mudah, dan amenitas yang berkualitas,” ucap Plt. Bupati.

Event sepanjang tahun 2019 yang menarik mata dunia internasional seperti turnamen Bowling World Cup (BWC), konser Westlife, Sriwijaya Ranau Gran Fondo, Ziarah Qubro dan merapatnya kapal pesiar di Kecamatan Sungsang. Pada tahun 2020, beberapa kegiatan juga menjadikan minat wisatawan berkunjung ke Sumsel.

“Kita sebagai warga Sumsel patut bersyukur dan bangga, karena event-event tersebut bisa kita manfaatkan sebagai momentum untuk meningkatkan perekonomian di Sumsel,” tegasnya.

Plt. Bupati berharap, rapat teknis pariwisata dan kebudayaan ini dapat membuahkan hasil yang bermanfaat bagi kemajuan kebudayaan dan pariwisata di Sumsel.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain para Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan se-Sumsel, Ketua DPRD yang diwakili oleh Jonidi, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Asisten II Perekonomian dan Pembangunan (Perekobang) Amrullah Jamaluddin, serta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Muara Enim.(Angga/Adv)

Bagaimana Menurut Anda