MoU dengan UII Yogyakarta, Misi Tambah Dokter Spesialis di Sidimpuan

265

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Untuk memenuhi standar pelayanan kesehatan di Kota Padangsidimpuan, pemkot setempat berencana menyekolahkan dokter umum ke UII Yogyakarta, untuk meningkatkan jenjang pendidikannya, mengambil kualifikasi dokter spesialis.

Demikian diungkapkan Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution kepada BERITAANDA melalui sambungan telepon, Sabtu (12/10/2019), seusai menyampaikan sambutan di acara temu ramah orangtua/wali mahasiswa, di Fakultas Hukum UII Yogyakarta.

“Insya Allah, tahun depan (2020) hal itu akan kita programkan,” tutur walikota di sela kunjungannya, didampingi Kadis Pendidikan Mhd. Luthfi Siregar, Pj. Kepala Bapelitbang Mhd. Jusar Nasution, Kabag Tapem Roy Susanto Siagian, dan Kabag Humas dan Protokol Nurcahyo Budi Susetyo.

Kesempatan itu, menurut Walikota Irsan Efendi, dimunculkan dari hasil diskusi pihaknya bersama Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Fathul Wahid ST, MSc, PhD, dengan didampingi Wakil Rektor III DR. Drs. Rohidin SH, MAg, dan Dekan Fakultas Hukum DR. Abdul Jamil SH, MH.

“Diskusi kita membahas kerjasama banyak hal, diantaranya pendidikan program dokter spesialis bagi dokter umum di Padangsidimpuan,” ungkap Irsan seraya menyebut hal itu merupakan langkah menuju perwujudan kerjasama (MoU) antara kedua belah pihak.

Sambung dia, memfasilitasi para dokter mengikuti jenjang pendidikan dokter spesialis di Fakultas Kedokteran UII itu akan dijadikan program prioritas pada tahun anggaran 2020. Dan dalam waktu dekat, penandatanganan MoU antara pihaknya dengan UII Yogyakarta akan segera dilaksanakan.

Walikota meyakini, menambah dokter spesialis di Padangsidimpuan dengan cara menyekolahkan mereka, merupakan solusi permanen terhadap masalah yang dihadapi ataupun dialami untuk memenuhi standar pelayanan kesehatan di Kota Padangsidimpuan.

“Untuk mewujudkan program krusial itu, tentu sekali diharapkan doa serta dukungan semua pihak. Agar nantinya, kerjasama diberbagai bidang sektor dan niat untuk memenuhi kebutuhan dokter spesialis ini bisa terwujud dengan baik,” tandas Walikota Irsan. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda