Menentukan Arah Perekonomian dengan Pemberdayaan Masyarakat Berkelanjutan

0

BERITAANDA – Pulau Belitung saat ini dikenal dengan keindahan alam serta pantainya yang memiliki pontensi besar di sektor pariwisata. Namun sebenarnya, potensi Pulau Belitung lebih dari pada itu.

Banyak bidang industri yang ada di Belitung, terutama sektor pertambangan timah, pertanian, perikanan dan kelautan belum mampu menjadi penopang ekomomi berskala besar, serta berdampak pada pembangunan dan strata sosial ekonomi masyarakat, khusus di Kabupaten Belitung Timur (Beltim).

Pembangunan ekonomi di Kabupaten Belitung Timur seolah masih labil untuk bertumbuh, karena jika dilihat proses pembangunan sebagai tolak ukur perkembangan ekonomi di Kabupaten Belitung Timur, belum terlihat pertumbuhan ekonomi secara signifikan pendapatan perkapita masyarakat pada umumnya. Sebagai cerminan kesejahteraan masyarakat.

Jika dilihat dari dampak pembangunan dari sektor pariwisata, Kabupaten Belitung Timur belum terlihat dampak yang membuatnya kokoh untuk maju di industri tersebut. Berbeda dengan pembangunan sektor pariwisata di Kabupaten Belitung yang sudah terlihat potensi dan dampak dari pembangunan ekonomi kepariwisataan yang sudah terasa bagi ekonomi masyarakat setempat. Seperti bertumbuhnya perusahaan jasa penyedia layanan akomodasi, contohnya hotel dan restaurant. Serta tumbuhnya perusahaan jasa biro perjalanan wisata, bisa membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat. Potensi ini belum berdampak bagi Kabupaten Belitung Timur.

Hal yang terjadi pada masyarakat, yakni ketidak berdayaan dalam menghadapi peningkatan biaya hidup dan perekonomian yang belum juga mengalami peningkatan, sehingga menyebabkan penurunan tingkat kesejahteraan masyarakat.

Jika hal ini terus berlanjut dan belum juga memiliki solusi guna membangunan perekonomian untuk menciptakan prakondisi dan proses peningkatan kemampuan, agar perekonomian berkelanjutan terjadi. Sebagai suatu proses transformasi sosial, pemerintah, stakeholder dan masyarakat harus segera bersinergi dalam memfokuskan serta menggali potensi dan mencari alternatif untuk mendapatkan solusi dan jalan keluar permasalah ekonomi yang sedang terjadi.

Dalam hal ini, peran pemerintah dan stakeholder untuk mengupayakan serta melakukan kegiatan sosialisasi pendekatan secara personal dengan mengadakan pelaksanaan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang merupakan faktor dalam mencapai pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.

Namun tahap untuk mencapai pembangunan perekonomian yang berkelanjutan haruslah memiliki titik fokus dan komitmen yang kuat dalam proses tersebut. Yang terjadi di masyarakat seringkali beberapa sektor hanya dijadikan trend saja, sehingga hal semacam inilah yang menjadi perekonomian masyarakat hanya ikut-ikutan tanpa melihat sudut pandang suatu sektor ekonomi secara makro, sehingga perubahan ekonomi tidak banyak terjadi.

Dengan demikian, pendekatan serta pemberdayaan masyarakat merupakan kegiatan yang teramat penting dilakukan agar suatu proses pembangunan disuatu wilayah dapat berkembang dan terus berjalan sesuai koridor yang dibutuhkan dan terarah.

Kegiatan pemberdayaan masyarkat bisa dimulai dengan mengadakan riset serta survey tentang isu-isu yang berkembang mengenai perekonomian domestik maupun secara global, serta mampu menganalisa dan mengetahui tujuan pembangunan ekonomi melalui sektor dan bidang yang memiliki peluang untuk mengangkat tingkat perekonomian masyarakat. Tujuannya tidak lainnya yaitu guna mengetahui dan memahami secara mendalam suatu potensi yang dijadikan peluang bagi pertumbuhan perokomian suatu daerah.

Dengan adanya kejelasan tujuan ekonomi yang akan dicapai dan melalui potensi untuk berkembang, pemerintah, stakeholder dan masyarakat harus memiliki kesadaran saling mendukung dalam proses tersebut, serta memiliki komitmen agar perekonomian dan potensi daerah mampu mensejahterahkan masyarakat.

Oleh: Surya Tirta Niagara, S.Par MM

Bagaimana Menurut Anda