Menbanpur 3 Marinir Gelar Latihan Satbanmin di Pantai Yeflio Distrik Mayamuk

110

SORONG, BERITAANDA – Logistik merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan suatu operasi. Dukungan logistik dapat berpengaruh langsung pada momentum serangan dan moril pasukan yang berada di garis depan, terutama pada saat awal pendaratan.

Untuk mencapai standar kemampuan yang diharapkan, diperlukan organisasi tugas yang terorganisir dengan baik dan profesional.

Organisasi Satbanmin adalah satuan tugas yang dibentuk dari unsur-unsur Resimen Bantuan Tempur Marinir dalam rangka mendukung satuan manuver depan dalam penguasaan tumpuan pantai.

Guna membina dan meningkatkan kemampuan serta naluri tempur prajurit, Menbanpur 3 Mar melaksanakan Latihan Satuan Dasar (LSD) II dan Latihan Satuan Lanjutan (LSL) I triwulan II tahun 2019. Pelaksanaan latihan bertempat di Pantai Yeflio Distrik Manyamuk dan Kampung Malaus Distrik Salawati Kabupaten Sorong, Papua Barat.

Latihan ini diselenggarakan selama 3 hari mulai tanggal 21 sampai 23 Juli 2019. Dalam latihan kali ini dipimpin langsung oleh Danmenbanpur 3 Mar Kolonel Marinir Daniel Kreuta.

Latihan ini melibatkan personel dari seluruh jajaran Menbanpur 3 Mar, yang bertujuan membina dan menyiapkan personel dalam melaksanakan tugas pokok Menbanpur 3 Mar sebagai satuan pelaksana pendukung pertempuran dalam operasi amfibi.

Dalam latihan ini meliputi gelar organisasi logistik pantai (OLP) dan gelar satbanmin. Dimulai dari pendaratan OLP, penyelidikan dan pendirian instalasi OLP membentuk DPB (daerah pantai bantuan) hingga terbentuknya satbanmin.

Latihan diakhiri dengan pemutusan tempur tanpa tekanan dengan melaksanakan lintas medan (gerak jalan) sejauh 5 Km menuju home base (Markas Menbanpur 3 Marinir) di Katapop Salawati. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda