Mempunyai Semangat Belajar Seperti Siswa SD

0

Oleh Clara Mita (1730201157) Mahasiswi UIN Raden Fatah Pelembang

BERITAANDA – Setiap orang tentu memiliki cara untuk menumbuhkan semangat belajar pada diri sendiri yang berbeda antara satu sama lainnya. Semangat inilah yang disebut motivasi. Usaha seseorang agar keinginannya bisa tercapai.

Saat saya berada diantara kerumunan yang mempunyai semangat untuk belajar, secara tak sengaja hati dan pikiran bersatu, ingin sekali menjadi siswa itu, ingin sekali mempunyai semangat seperti mereka. Yang hari-hari mereka selain mendapatkan ilmu pengetahuan, banyak siswa juga mendapatkan pahala karena mencari ilmu adalah wajib dalam agama Islam. Yakin bahwa semangat belajar yang mereka lakukan akan menjadi bekal untuk kemajuan di bidang pendidikan.

Saya pernah mengajarkan pelajaran matematika tentang penyelesaian pembagian di kelas 3 SD. Saya menjelaskan materi dengan cara yang pernah aku pelajari waktu SD dulu. Mereka sangat bersemangat, sehingga mereka benar-benar berpikir dan banyak bertanya untuk soal yang saya ajarkan. Ketika diberi soal, mereka sangat antusias, menunjuk tangan dan ingin menyelesaikan soal itu.

Saya membayangkan jika pelajar, terutama mahasiswa mempunyai semangat belajar seperti siswa SD ini, bayangkan jika mereka meluangkan dan memanfaatkan waktu yang telah diberikan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Dengan sebaik-baik mungkin, mereka bisa menambah aktivitas yang positif guna untuk meningkatkan kemampuan dan kekreatifan mahasiswa.

Namun mahasiswa biasanya akan merasa malas dan bosan, yang membuat semangat mereka untuk belajar menjadi hilang. Masalah itu adalah hal yang wajar, serta sudah banyak dan bahkan setiap orang pernah mengalaminya.

Saat kita merasa malas untuk belajar, maka kita bisa melakukan beberapa hal yang bisa memotivasi kamu untuk kembali semangat belajar.

Berikut adalah tips-tipsnya agar kamu bisa meningkatkan semangat belajar :

  • Bertemanlah dengan orang yang banyak belajar.
  • Buatlah sebuah target yang akan dicapai.
  • Kamu harus menunda kesenangan untuk kebahagian jangka panjang.
  • Buktikanlah bahwa kamu itu orang yang pintar.
  • Kamu harus bisa mengatur waktu untuk belajar.

Motivasi merupakan kendala bagi sebagian besar pelajar terutama dalam hal ini mahasiswa. Mahasiswa merupakan level pelajar yang paling tinggi, tentunya pembelajarannya lebih susah dibandingkan jenjang-jenjang sebelumnya.

Untuk itu, semangat belajar harus ada pada dirinya. Semangat belajar memegang peranan yang sangat penting dalam kegiatan belajar bagi mahasiswa, mempengaruhi intensitas kegiatan belajar, tetapi semangat belajar itu dipengaruhi oleh tujuan yang akan dicapai oleh masing-masing individu. Makin tinggi tujuan belajar, maka akan semakin besar pula motivasinya, dan semakin besar semangat belajarnya akan semakin kuat pula kegiatan belajarnya.

Sebagai seorang mahasiswa yang berkecimpung di bidang akademik, tumbuhkanlah semangat belajar itu dari dalam, bukan karena faktor-faktor luar. Karena dari dalam itulah kita sadar betapa pentingnya keseriusan dan ketekunan belajar di perguruan tinggi. (*)

Bagaimana Menurut Anda