‘Melihat Lebih Dalam Wiji Thukul’, Andreas Iswinarto Gelar Acara Pameran Seni Lukis di Semarang

0

SEMARANG, BERITAANDA – Puluhan karya seni terdiri dari lukisan dan selembaran kertas yang berisi ‘puisi Wiji Thukul dipamerkan dalam pameran bertemakan ‘Melihat Lebih Dalam Wiji Thukul’ di kantor Lembaga Bantuan Hukum Semarang, Jalan Parang Kembang, No. 14, Tlogosari Semarang, mulai Rabu (3/5/2017) sampai Jumat (5/5/2017).

Pameran lukisan tersebut dibuat oleh sorang seniman pelukis, Andreas Iswinarto, sebagai salah satu bentuk mendalami makna puisi Wiji Thukul yang dirubah menjadi bentuk visual berupa gambar lukisan.

“Dalam pameran ini, kami mengangkat dan memberikan penghargaan kepada Wiji Thukul, dengan puisi-puisinya, saya ekspresikan melalui bahasa visual,” ungkapnya saat ditemui BERITAANDA.

Dia mengatakan, bahwa gambar dapat menjelaskan berjuta kata. Selain itu, arti sebuah warna dapat mengekspresikan sebuah perasaan.

“Sebagian orang mengatakan, gambar itu berbicara sejuta hal, tapi sebenarnya dengan warna kita bisa mengekspresikan setiap perasaan kita,” jelasnya.

Salah satu lukisan terbaik yang pernah dibuat oleh Andreas yaitu puisi Wiji Thukul yang berjudul ‘Bunga dan Tembok’, menjelaskan bahwa perjuangan adalah seperti menanam benih yang akan mendapatkan hasilnya pada suatu saat nanti.

“Dari semua puisi yang dibuat oleh Wiji Thukul ada beberapa yang saya sukai, judulnya Bunga dan Tembok. Disini menceritakan, semua perjuangan oleh kita itu harus menuntut suatu kesabaran, dimana  dalam waktu dekat kita belum mendapatkan apa-apa tapi benih tersebut suatu saat akan tumbuh berkembang dan kalau kita lihat tembok pun bisa hancur oleh benih tersebut,” tuturnya.

Selain pameran seni lukis, dalam acara tersebut disediakan sesi diskusi mengenai tema puisi atau berbagi pengalaman mengenai berbagai macam hal mengenai sebuah seni. (Dino)

Bagaimana Menurut Anda