Megawati Terima Gelar Doktor Honoris Causa dari UNP

0

PADANG, BERITAANDA – Presiden Republik Indonesia ke-5, Megawati Soekarnoputri, terima gelar doktor Honoris Causa (HC) dari Universitas Negeri Padang (UNP), Rabu (27/9/2017).

Dalam pemberian gelar doktor HC tersebut juga turut dihadiri oleh beberapa menteri seperti Pramono Anung (Sekretaris Kabinet), Tjahjo Kumolo (Mendagri), Yasona H. Laoly (Menkum HAM), Anak Agung Puspayoga (Menteri Koperasi dan  UKM RI), Muhajir Efendi, (Mendikbud RI), Moc. Basoeki HM (Mentri PUPR RI), Archandra Tahar (Wamen ESDM RI), hingga Puan Maharani (Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI).

Sementara dalam pidatonya, Megawati Soekarnoputri mengatakan bahwa politik dan pendidikan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan dan saling berkaitan.

“Menurut Dr. Sudiro Husodo, untuk terbebas dari penjajahan diperlukan rakyat yang cerdas,” ujarnya.

Setiap bangsa memiliki tokoh pendiri bangsa, seperti halnya Bung Karno yang selalu mensintesakan pemikiran-pemikirannya untuk rakyat indonesia dan kemajuan bangsanya. Atas peran-perannya tersebut Bung Karno dianugerahi 26 gelar DR. HC oleh beberapa universitas dalam dan luar negeri.

Ia juga menambahkan bahwa mazhab politik humanis berbeda dengan mazhab politik yang menghalalkan berbagai cara seperti memfitnah, menjatuhkan kepribadian seseorang guna memperoleh kekuasaan.

“Kita sebagai manusia yang berbudaya ketimuran dengan mengedepankan kebersamaan dan gotong royong lebih kepada politik humanis,” kata dia.

Sementara dalam sambutannya, Rektor UNP, Prof. Drs. H. Ganefri, M.Pd, Ph.D (Rektor UNP) menjelaskan bahwa menurut Prsiden Soekarno, sangat penting memiliki karakter kuat, ahlak mulia dan mental yang baik. Disaat inilah Prov. Sumbar juga akan berperan membangun negara Indonesia yang berkarakter dan berakhlak mulia.

Pihaknya menambahkan bahwa UNP saat ini menuju universitas unggul. Salah satunya dengan memperoleh akreditasi A pada akhir 2016, sehingga termasuk dalam 55 universitas berakreditasi A di Indonesia.

Sementara alasan adanya penganugerahan gelar DR.HC oleh tim promotor saat penyampaian pidato promosi, yaitu karena pada era Megawati S.P. terlahir UU No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

“UNP memandang UU tersebut merupakan formulasi dan implementasi politik pendidikan yang sangat strategis dalam pengembangan kualitas SDM, pungkas dia. (Risang)

Bagaimana Menurut Anda