Marinir Bina Potensi Maritim di Sukabumi

0

SUKABUMI-JABAR, BERITAANDA – Staf Potensi Maritim Korps Marinir melaksanakan kegiatan triwulan 1 pembinaan potensi maritim di wilayah Kabupaten Sukabumi Jawa Barat selama 3 hari (7- 9 Mei 2018), dipimpin langsung oleh Asisten Potensi Maritim Korps Marinir Kolonel Marinir Baedowi.

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan wujud rencana kegiatan (rengiat) potensi maritim Korps Marinir dalam rangka melaksanakan tugas pokok TNI, sesuai UU No. 34 tahun 2004 tentang TNI yang dilaksanakan melalui operasi militer perang (OMP) dan operasi militer selain perang (OMSP).

Pada saat di masa damai, satuan TNI khususnya Korps Marinir, melaksanakan pembinaan potensi maritim dengan cara memberdayakan wilayah pertahanan, guna membangun dan membina kekuatan pendukung secara dini dalam mempertahankan negara serta membantu tugas pemerintah daerah di wilayahnya.

Kegiatan ini juga diimplementasikan melalui Komunikasi Sosial (Komsos) berupa ceramah dan berkunjung dengan pemerintah setempat, dalam hal ini kunjungan ke Pemda Kabupaten Sukabumi yang diterima Sekertaris Daerah Iyos Somantri. Dan kunjungan ke Polres Sukabumi yang diterima Kapolres AKBP Susatyo Purnomo Condro S.H.,S.I.K.,M.Si, Rabu (8/5/2018).

Salah satu upaya pencapaian tugas pokok potensi maritim Korps Marinir, diantaranya melalui kegiatan pembinaan ketahanan wilayah (bintahwil) dengan melaksanakan pembinaan serta bimbingan kepada siswa dan siswi SMKN 1 Pelabuhan Ratu, yang diisi dengan materi penyampaian bela negara, kecintaan terhadap tanah air, kebhinekaan dan wawasan kebangsaan, memperkenalkan tugas dan fungsi satuan prajurit Puslatpur Korps Marinir Antralina dengan peragaan demo pakaian dan senjata yang digunakan komando latih Korps Marinir.

Disampaikan juga bahwa seluruh elemen masyarakat bertanggung jawab terhadap pertahanan dan keamanan negara, serta harus memiliki jiwa rela berkorban demi bangsa dan negara apabila sewaktu-waktu dibutuhkan.

Guna menyemangati siswa siswi SMKN 1 Pelabuhan Ratu, mereka diberi kesempatan mengenal  perlengkapan kesenjataan organik marinir.

Turut hadir dalam acara kegiatan sosialisasi Komsos dan Bintahwil di wilayah Sukabumi Jawa Barat ini antara lain Komandan Puslatpur Antralina Letkol Mar Amrul Adriansyah, Kepala Sekolah SMKN 1 Pelabuhan Ratu H. Budi Hermansyah beserta dewan guru, Pabanbintahwil Letkol Mar Gugun SR, Wadan PLP Antralina Mayor Mar Dhaning Z, Pabandya Bintahwil Mayor Mar Andi Nurmawan dan Komandan Posal Pelabuhan Ratu Pelda BEK Daden.

Kegiatan hari kedua dan ketiga, Staf Potensi Maritim Mako Kormar di Kab Sukabumi Jawa Barat melaksanakan pembekalan bela negara/wawasan kebangsaan dan cinta tanah air kepada siswa-siswi SMAN 1 Sukabumi.

Kegiatan dihadiri siswa dan siswi kelas XI dari semua jurusan berjumlah 200 orang, dan didampingi Kepala sekolah SMAN 1 Sukabumi  Rahmat M S.Pd., M.Hum dan para dewan guru.

Selain itu, untuk kegiatan Staf Potensi Maritim Kormar di triwulan 1 mengadakan sosialisasi kepada seluruh prajurit Puslatpur Antralina tentang tugas dan fungsi dari Staf Potensi Maritim Kormar, serta kegiatan tambahan dengan melaksanakan komunikasi sosial dengan seluruh komponen masyarakat Sukabumi yang diprakarsai oleh Polres Sukabumi Kota, dalam rangka menghadapi bulan suci Ramadhan dan pilkada damai dengan menyelenggarakan kegiatan istigosah. Dilanjutkan peresmian Dirlantas Polres Sukabumi, peresmian gedung pelayanan masyarakat, pelayanan trust polisi, serta pemusnahan miras sitaan yang keseluruhan kegiatan merupakan wujud dari penyakit masyarakat guna menjaga kesetabilan pertahanan dan keamanan negara.

Hadir dalam acara tersebut Kapolda Jawa Barat Irjen. Pol. Drs Agung Budi Maryoto M.si, Komandan Pusat Latihan Tempur Antralina Letkol Mar Amrul Ardiansah, Kopelres Sukabumi Kota, Dandim Kab. Sukabumi, Staf Potensi Maritim Mako Kormar Letkol Mar Gugun SR, May Mar Andi, aparat pemda setempat, tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta para elemen masyarakat lainnya di Kabupaten  Sukabumi Jawa Barat. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda