Mahasiswa Prodi Ekonomi UBB Laksanakan Diseminasi Hasil Penelitian

168

BERITAANDA – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung (UBB) menyelenggarakan diseminasi hasil penelitian.

Diseminasi penelitian dilaksanakan pada hari Kamis, 23 November 2023. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring melalui platform zoom meeting dan disaksikan oleh seluruh peserta yang mengikuti.

Selain itu, kegiatan diseminasi tersebut juga disiarkan melalui saluran Youtube sehingga bisa disimpan dan disaksikan secara berkelanjutan oleh semua orang dari seluruh dunia.

Diseminasi, sebagaimana dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), merupakan suatu kegiatan yang ditujukan untuk menyebarluaskan informasi atau pengetahuan kepada khalayak luas.

Dalam konteks ini, informasi atau ilmu pengetahun yang disebarluaskan adalah mengenai hasil penelitian yang telah dilakukan oleh mahasiswa Prodi Ekonomi UBB.

Diseminasi hasil penelitian tersebut merupakan output atau luaran dari pembelajaran berbasis case method yang ada di Prodi Ekonomi, dengan mata kuliah ekonomi pembangunan.

Adapun tim peneliti terdiri dari Arya Agustian, Aswandi, Kesinatari, Tirti Arum Kasturi dan Miranda, yang semuanya merupakan mahasiswa Prodi Ekonomi UBB semester 3. Sedangkan dosen pengampu dari mata kuliah tersebut sekaligus dosen pembimbing dalam penelitian adalah Misbahul Munir.

Secara garis besar, penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Prodi Ekonomi UBB adalah menganalisis faktor apa yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis data sekunder atau data yang didapat dari berbagai sumber terpercaya.

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa, dari tiga variabel yang diteliti dalam mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, meliputi indeks harga saham gabungan (IHSG), kurs dan inflasi, variabel yang mempunyai pengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi hanyalah IHSG. Sedangkan kurs dan inflasi tidak mempunyai pengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Menurut Arya selaku ketua tim peneliti menjelaskan, IHSG berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi karena semakin banyak investasi di pasar modal akan mengakibatkan aliran modal masuk semakin tinggi.

“Tingginya aliran modal masuk tersebut akan meningkatkan aktivitas perusahaan dan juga meningkatkan profitabilitas perusahaan dan menaikkan pendapatan negara melalui pajak yang dibayarkan oleh perusahaan. Sehingga, pada akhirnya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Namun, Arya menambahkan penelitian ini belum final dan masih perlu masukan dari semua pihak terutama dosen pembimbing,” kata dia.

“Penelitian yang kita lakukan ini tentu belum sempurna. Masih perlu bimbingan untuk tujuan kesempurnaan lagi kedepannya, terutama bimbingan dari dosen pengampu mata kuliah ini dan juga teman-teman lainnya, yang masih dalam bidang akademis,” pungkasnya. (*)

Bagaimana Menurut Anda