Limbah Abu PLTU Sijantang Sawahlunto Diolah Jadi Struktur Jalan

0

SAWAHLUNTO-SUMBAR, BERITAANDA – Dalam rangka memanfaatkan abu limbah PLTU Sijantang Kecamatan Talawi, PT.Prinaltia Junta Perkasa (PJP) selaku perusahaan dari Desa Kolok Nan Tuo bersama PT.Hakko Indonesia dan Wastec (perusahaan Jakarta di bidang pengelola limbah bahan berbahaya dan beracun/B3) bersinergi untuk membuat struktur jalan melalui abu limbah batu baru.

PT. PJP sendiri bertindak sebagai pelaksana lapangan, sementara PT.Hakko Indonesia berperan dalam teknologi bahan kimia. Untuk Dinas Perumahan Pemukiman, Pertanahan dan Lingkungan Hidup Kota Sawahlunto berperan menyediakan lokasi guna dilakukan uji coba pembuatan struktur jalan sekaligus penyediaan alat berat.

Sekretaris Dinas Perumahan Pemukiman, Pertanahan dan Lingkungan Hidup Kota Sawahlunto, Iwan Kartiwan mengatakan, pihaknya menyediakan lokasi untuk dilakukan uji coba limbah abu untuk dijadikan jalan.

“Pemanfaatan limbah abu tersebut rencananya akan dilakukan sepanjang 100 meter di wilayah tempat pembuangan akhir (TPA) Kayu Gadang Kec. Barangin, namun hanya terealisasi sepanjang 40 meter x 6 meter,” jelasnya, Selasa (19/9/2017).

“Sementara tidak terealisasinya target 100 meter sendiri disebabkan keterbatasan bahan akibat kontur tanah di wilayah Kota Sawahlunto yang tidak datar,” ungkapnya lagi.

Pihaknya menilai dengan dimanfaatkannya abu limbah PLTU Sijantang, selain dapat merubah abu limbah dari yang tidak bernilai menjadi bernilai, juga dapat menciptakan struktur jalan yang baik.

“Hal tersebut dikarenakan struktur jalan memiliki kualitas setara dengan beton (K-200) dengan jangka waktu pengerjaan yang sangat singkat,” pungkas dia. (Risang)

Bagaimana Menurut Anda