Lewati Proses Panjang Berliku, AKD di DPRD Sidimpuan Akhirnya Sah Terbentuk

396
Ketua DPRD Padangsidimpuan Siwan Siswanto didampingi Wakil Ketua H. Erwin Nasution beserta anggota dewan lainnya menggelar konferensi pers, seusai rapat paripurna pembentukan AKD, di gedung DPRD setempat, Senin (2/12/2019) sore.

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Setelah melalui proses panjang dan berliku, Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD Kota Padangsidimpuan akhirnya resmi terbentuk. Pembentukan dilakukan dalam rapat paripurna, Senin (2/12/2019).

“Alhamdulillah, hari ini AKD telah terbentuk dan sudah ditetapkan melalui paripurna,” kata DPRD Siwan Siswanto didampingi Wakil Ketua Erwin Nasution beserta anggota DPRD lainnya dalam keterangan pers yang digelar di gedung DPRD setempat dan dihadiri oleh sejumlah wartawan.

Ditegaskan Siwan, pembentukan AKD tersebut sudah melalui mekanisme atau alur ketentuan yang ada dalam beberapa tahapan. Dalam arti, kata dia, tindaklanjut dari rapat paripurna pada 30 Oktober 2019 lalu yang diskor terkait adanya beberapa fraksi yang belum menyampaikan surat rekomendasi untuk pengisian AKD.

“Kemudian, telah dilaksanakan beberapa kali rapat pimpinan DPRD dan ketua ketua fraksi dan mengacu Pasal 97 Ayat (6) dan (7) Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018, maka rapat pada hari ini kita gelar,” ujar Siwan.

Disinggung mengenai apakah nama-nama yang disebut berdasarkan rekomendasi dari setiap fraksi, Siwan menerangkan komposisi itu telah merujuk surat rekomendasi yang disampaikan oleh ketujuh fraksi di DPRD Padangsidimpuan melalui sekretariat. Kesemua komposisi AKD tersebut sudah disampaikan secara tertulis.

Wakil Ketua Erwin Nasution menambahkan, di DPRD Padangsidimpuan sendiri terdapat tiga orang pimpinan. Dan, untuk melaksanakan paripurna terlebih dulu mengundang pimpinan dan fraksi-fraksi. Sedangkan rapat yang digelar pada 29 November 2019 yang dipimpin wakil ketua lainnya, hal itu tidak melalui mekanisme karena dilaksanakan dengan serta merta.

“Padahal Ketua DPRD Padangsidimpuan sendiri secara resmi sudah melayangkan surat pada tanggal 29 November 2019 yang mengundang rapat pimpinan DPRD dan ketua fraksi dalam pembentukan AKD pada hari ini,” terang Erwin menyinggung surat yang dilayangkan oleh Wakil Ketua DPRD lainnya yang juga menggelar paripurna serupa.

Kembali dicecar pertanyaan oleh wartawan, apakah di DPRD Sidimpuan telah terjadi kubu-kubuan, tegas Ketua DPRD Padangsidimpuan membantah hal itu tidak ada. Sebab, sejatinya, menurut dia, DPRD Padangsidimpuan adalah sebuah kesatuan yang didalamnya terdapat 30 anggota dewan, pun sebaliknya.

“Dalam waktu dekat, setelah terbentuknya AKD ini, kita semua para anggota dewan akan segera mengebut agenda ataupun program kerja yang sudah menumpuk di depan mata. Mohon dukungan dari semua komponen demi kemaslahatan masyarakat Padangsidimpuan,” kata Siwan mengakhiri. (Anwar)

Berikut susunan Alat Kelengkapan DPRD Kota Padangsidimpuan:

  1. Ketua Komisi I:  H. Marataman Siregar (Hanura)
  2. Wakil Ketua Arjuna Sari Nasution (Golkar)
  3. Sekretaris Ali Hotman Hasibuan (PDI Perjuangan)

Ditambah 6 orang anggota.

 

  1. Ketua Komisi II: Ahmad Maulana Harahap (Golkar)
  2. Wakil Ketua Parsaulian Lubis (Gabungan)
  3. Sekretaris H. Feriansyah Hasibuan (Hanura)

Ditambah 6 orang anggota.

 

  1. Ketua Komisi III: H Gunawan Simbolon (PDI Perjuangan)
  2. Wakil Ketua Iswandy Arisandy (PAN)
  3. Sekretaris Madnur Siregar (Golkar)

Ditambah 6 orang anggota.

 

  1. Ketua Badan Pembentukan Perda: Erfi Juni Samudra (PAN)
  2. Wakil Ketua Siti Mariam

Ditambah 7 orang anggota.

 

  1. Ketua Badan Kehormatan: Ahmad Yusuf Nasution (Persatuan Bintang Kebangkitan)
  2. Wakil Ketua Sopian Harahap (Hanura)
  3. Anggota: Ahmad Maulana Harahap (Golkar).

 

  1. Ketua Badan Anggaran: Siwan Siswanto (Golkar)
  2. Wakil Ketua: H. Rusydi Nasution (Gerindra)
  3. Wakil Ketua: H. Erwin Nasution (PAN)

Ditambah 14 orang anggota.

 

  1. Ketua Badan Musyawarah: Siwan Siswanto (Golkar)
  2. Wakil Ketua: H. Rusydi Nasution (Gerindra)
  3. Wakil Ketua: H. Erwin Nasution (PAN)

Ditambah 13 orang anggota.

Bagaimana Menurut Anda