Lewat Forum Konsultasi Publik, Pemkab OKI Siapkan RPJPD dan RPD Berkualitas

54

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) OKI siapkan dokumen RPJPD dan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) yang berkualitas berdasarkan prioritas untuk lompatan-lompatan kemajuan melalui Forum Konsultasi Publik (FKP).

Disampaikan Kepala Bappeda OKI Aidil Azwari, bahwa Forum Konsultasi Publik ini bertujuan untuk menyampaikan visi, misi, arah, kebijakan, sasaran pokok RPJPD Kabupaten OKI 2025-2045 dan menyepakati tujuan, sasaran, dan arah kebijakan program prioritas daerah dalam rancangan RPD OKI tahun 2025-2026.

“Penyusunan Ranwal RPJPD telah dilakukan sejak bulan September yang lalu, dimulai dari tahapan persiapan, penyusunan Ranwal, dan hari ini kita laksanakan FKP, yang mana selanjutnya akan dikonsultasikan kepada Gubernur dan menyiapkan program-program prioritas,” ungkap dia, Selasa (12/12/2023).

Bupati OKI HM. Dja’far Shodiq mengatakan, saat ini kita dihadapkan untuk penyusunan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) sebagai pijakan dalam penyusunan RKPD tahun 2025 dan 2026.

“Saya berharap, apa yang telah kita capai dalam 5 tahun terakhir khususnya di periode RPJMD 2019-2024 untuk dimantapkan lagi, terlebih persoalan utama daerah terkait dengan pembangunan SDM yang unggul, pelayanan kesehatan, pendidikan,” jelas dia.

“Disamping itu, baik dalam rencana pembangunan jangka panjang maupun jangka menengah, kita tetap harus memperhatikan isu lingkungan strategis, upaya adaptasi terhadap perubahan iklim guna kelancaran pembangunan kita,” tambah Shodiq.

Shodiq berharap dan mengimbau, mari berperan aktif untuk menyukseskan penyusunan rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan daerah Kabupaten OKI. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda