Kunjungan Tim BNI ke Wisata Tani Panteng Kleset Desa Melati II Perbaungan

115

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Panteng Kleset yang merupakan objek wisata tani di Desa Melati II Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), dikunjungi oleh tim dari Bank BNI Cabang Tebing Tinggi, Jumat (14/2/2020) sore.

Kedatangan tim tamu dari Bank BNI ini dipandu oleh Maneger Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Madani M. Yakub Saragih beserta M. Eko Jumadi dan Jamalik Saragih serta Siti Risgina Dewi Sinaga, dalam rangka bersilaturahmi dan sembari melihat serta menelusuri kawasan Panteng Kleset tersebut.

Desa Wisata Tani Melati II ini merupakan program Pilot Inkubasi Inovasi Desa Pengembangan Ekonomi Lokal (PIID PEL), dimana dalam pelaksanaannya telah diadakan di 126 desa yang menjadi fokus beberapa kegiatan. Diantaranya pengembangan desa wisata yang dilaksanakan di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini adalah Desa Wisata Tani Melati II.

Kepala Desa (Kades) Melati II Supardi mengatakan, bahwa pengembangan desa wisata tani di Desa Melati II menerapakan skema kemitraan antara kelompok usaha masyarakat dan Badan Usaha Milik Desa serta peran inkubator selaku pelaku bisnis profesional.

“Kunjungan dari tim Bank BNI ini semoga bisa bekerjasama dengan BUMDes Madani, dalam rangka pengembangan destinasi wisata dan bidang lainnya di Desa Melati II,” bilang Supardi.

Sementara Mhd Syafrizal selaku inkubator menyampaikan bahwa program PIID PEL telah berhasil meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Melati II, dengan kemitraan yang dibangun dengan konsep wisata tani yang melibatkan home stay, karang taruna, kelompok usaha ternak kambing Etawa, pengelola jeruk Petik Sendiri, pengelolaan gula merah dari sawit, dan pengelola wisata budaya Palunguhan To Joyo. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda