KUD Subur Makmur dan KUD Madya Karya Bhakti Binaan PT Sampoerna Agro Tanam Perdana Kebun Plasma

41

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – KUD Subur Makmur Desa Cipta Sari dan KUD Madya Karya Bhakti Desa Suka Sari di Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten OKI, mitra PT Sampoerna Agro Tbk, melakukan tanam perdana kebun plasma pada Sabtu (9/3/2024) lalu.

Pada tahun 2024 ini, KUD Subur Makmur akan menanam kebun plasma seluas 1225,27 Ha dan KUD Madya Karya Bhakti seluas 1065,87 Ha.

Acara tanam perdana tersebut dihadiri oleh Kapolsek Mesuji Raya IPTU Belky Framulia SH, Danramil Mesuji Kapten Inf. Widodo, Sekcam Mesuji Raya Dwie Munawaroh, Kepala Desa Cipta Sari Nur Faozan, Ketua KUD Subur Makmur Sahril Bahaswan, pengurus KUD, ketua kelompok tani dan anggota KUD.

Tanam perdana di KUD Subur Makmur merupakan tonggak penting untuk keberlanjutan petani plasma di Desa Cipta Sari, dimana tanaman sebelumnya sudah berumur 29 tahun dan produksinya sudah sangat menurun, sehingga perlu dilakukan replanting atau tanam kembali.

Ketua KUD Subur Makmur Sahril Bahaswan, mengucapkan terima kasih kepada pengurus dan anggota KUD yang telah bekerja sama untuk melakukan proses tahapan replanting, sehingga berjalan lancar.

Beliau berharap, kebun plasma Desa Cipta Sari bisa berproduksi lebih tinggi, sehingga pendapatan petani plasma bisa meningkat.

Hal yang sama disampaikan oleh Kepala Desa Cipta Sari Nur Faozan. Ia menyampaikan apresiasi kepada PT Sampoerna Agro Tbk yang telah mengutamakan dan mendampingi kami, sehingga proses replanting berjalan baik.

“Harapan kami produksi kebun plasma KUD Subur Makmur mencapai yang terbaik. Terima kasih kepada Kapolsek, Danramil, dan Camat Mesuji Raya yang telah mendukung kegiatan replanting dan memberikan rasa aman dan nyaman. Kebun plasma merupakan warisan orang tua kita yang bersusah payah menjaganya, sehingga kita telah menikmatinya, dan sekarang saatnya kita kembali membangun warisan pada anak cucu kita untuk yang terbaik,” kata Kepala Desa Nur Faozan.

Hadir dari manajemen PT Sampoerna Agro Tbk yakni Regional Head Plasma Riduan Sibuea, GM Mill Riki Ramadhani, Manager Kebun Belida Achmad Endang, Manager Project Mukden Manurung, Manager ACI Dadang, Manager CSR Fajar Suryono, dan Asisten Plasma.

Manager Project Mukden Manurung dalam kata sambutannya mengatakan, bahwa replanting di KUD Subur Makmur menggunakan material tanam terbaik, yaitu SJ 5, dimana produksinya sangat tinggi, dibuktikan pada Tanaman Menghasilkan (TM 1) di KUD Panca Sawit Mandiri mencapai 17 ton/ha/tahun. Tentunya hal ini harus didukung dengan standar agronomi terbaik.

Dalam kesempatan tersebut, Regional Head Plasma Riduan Sibuea mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas kerja sama yang terjalin dengan KUD dan petani plasma, sehingga proses replanting dapat berjalan dengan lancar.

“Dukungan pemerintah pusat/daerah, Polri, TNI, dan para pihak sangat menentukan keberhasilan proses replanting tersebut,” jelas dia.

Beliau menambahkan, bahwa perusahaan sangat berkomitmen untuk memberikan yang terbaik kepada petani plasma, sehingga keberlanjutan perekonomian petani akan meningkat.

“Perusahaan dari tahun 2019-2024 telah melakukan replanting kebun binaan seluas 15.407,12 Ha di OKI Sumsel,” tambahnya.

Dalam kesempatan tanam perdana tersebut, Danramil Mesuji Raya Kapten Inf. Widodo mengatakan bahwa keberhasilan KUD Subur Makmur dalam proses replating dan pengelolaan kebun kelapa sawit sangat penting dipengaruhi oleh internal KUD sendiri.

“Para pengurus KUD dan anggota harus saling mendukung, dan tugas kami bersama Polsek Mesuji Raya memberikan rasa aman dan nyaman,” tegas dia.

Setelah melakukan tanam perdana di KUD Subur Makmur Desa Cipta Sari, Forkopimcam Mesuji Raya dan Manajemen PT Sampoerna Agro Tbk menuju KUD Madya Karya Bhakti Desa Sukasari untuk menghadiri dan melakukan tanam perdana kebun plasma.

Pada tanam perdana di KUD Madya Karya Bhakti tersebut dihadiri oleh pengurus dan anggota KUD,  Kepala Desa Suka Sari, Bank BNI, Forkopimcam dan Manajemen PT Sampoerna Agro Tbk. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda