Kualitas Udara Memburuk, Ini Himbauan Walikota Sidimpuan

132

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Kabut asap kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Provinsi Riau kini mulai menyebar hingga menyelimuti angkasa di atas wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel), yang salah satunya adalah Kota Padangsidimpuan.

Menyikapi hal tersebut, Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution pun mengeluarkan himbauan terhadap segenap masyarakat untuk lebih peka dan mawas diri berupa penggunaan pelindung saluran pernapasan (masker) saat berada di luar ruangan.

“Untuk sementara waktu, sebaiknya masyarakat mengurangi kegiatan di luar ruangan. Perbanyak minum air putih dan segera datangi tempat pelayanan kesehatan apabila dirasa ada gangguan saluran pernafasan,” pinta walikota saat ditemui wartawan, Jumat (13/9/2019).

Menurut dia, sejak dua hari ke belakang ini, kualitas udara di Kota Padangsidimpuan sudah semakin dalam kondisi mengkhawatirkan. Karenanya, perlu upaya-upaya antisipatif agar tidak terpapar gangguan pernafasan akibat buruknya kualitas udara tersebut.

“Sebagai langkah antisipatif, saya telah instruksikan kepada OPD se-Pemkot Padangsidimpuan untuk membagikan masker gratis, terutama bagi pengguna jalan raya di seputaran Kota Padangsidimpuan,” sebut Irsan.

Pembagian masker ini, kata walikota, disamping berdayaguna dalam menjaga kesehatan masyarakat, fungsi dari pembagian dan penggunaan masker itu juga pastinya mampu menetralisir udara yang masuk ke rongga pernafasan.

“Saya juga mengharapkan kepada kita semua, untuk senantiasa menerapkan pola hidup sehat dengan cara menjaga kebersihan diri sendiri serta lingkungan sekitar dalam kehidupan sehari-hari. Berikutnya, mohon untuk tidak membakar hutan dan lahan,” harap walikota.

Pemkot Padangsidimpuan telah memulai kegiatan pembagian masker di empat lokasi, komplek Sidimpuan City Walk atau KFC, depan DPRD dan kantor walikota, tugu air mancur Alaman Bolak, dan di komplek sekolah di Jalan Sutan Soripada Mulia Sadabuan. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda