KPU Sekadau Sosialisasikan Aturan APK ke Parpol dan Wartawan

0

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sekadau, Selasa (9/10/2018) siang, menyampaikan sosialisasi tentang alat peraga kampanye (APK) mandiri kepada partai politik dan wartawan media massa.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Drianus Saban S.Pd yang merupakan Ketua KPU Sekadau dan dihadiri Bawaslu setempat.

Dalam sambutannya, Saban menjelaskan bahwa pihaknya telah menyurati parpol terkait pelaksanaan kampanye.

“Langkah ini sebagai bentuk sosialisasi kepada partai politik dalam tahapan kampanye,” ujar Saban.

Diterangkan dia, KPU menyampaikan bagaimana fasilitasi alat peraga kampanye yang dibuat partai politik agar dapat memahami aturan dalam alat peraga kampanye.

“KPU juga mengundang media massa dalam kegiatan ini, dengan harapan media massa membantu KPU mensosialisasikan aturan dan alat peraga kampanye,” paparnya.

Adapun materi yang dipaparkan Saban antara lain, bahwa kampanye sudah dimulai 23 sampai dengan 13 April 2019, pemasangan APK 23 sampai dengan 13 April 2019. Lalu, iklan media cetak, elektronik dalam jaringan 24 Maret – 13 April 2019 dan rapat umum 24 Maret – 13 April 2019.

“Baliho paling banyak 5 buah per desa, spanduk paling banyak 10 buah per desa, billboard atau videotron 2 buah di kabupaten/kota, baliho paling banyak 5 buah di masing – masing desa,” papar Saban.

Sedangkan mengenai desian dan materi APK mandiri oleh partai politik dan caleg, bisa sama dengan yang dibuat oleh KPU. APK mandiri diperbolehkan mencantumkan nomor urut caleg dan jumlah tetap mengacu pada ketetapan KPU.

“Perawatan, pemeriksaaan dan menjaga baliho merupakan tanggung jawab partai politik. Jika terjadi kerusakan, kehilangan APK, maka dapat diganti ditempat dan ukuran yang sama. Desain dan materi APK dan iklan kampanye dibuat serta dibiayai oleh peserta pemilu sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan,” tukasnya. (TIM)

Bagaimana Menurut Anda