KPU Dharmasraya Perkirakan Jumlah Kursi Anggota Dewan Bertambah

0

DHARMASRAYA-SUMBAR, BERITAANDA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dharmasraya memperkirakan jumlah kursi anggota dewan pada pemilu legislatif 2019 bertambah menjadi 30 kursi, dari sebelumnya hanya 25 kursi.

“Kemungkinan akan bertambah, karena melihat jumlah penduduk yang juga bertambah dibanding tahun sebelumnya,” kata Ketua KPU Dharmasraya, Yanuk Sri Mulyani di kantornya, Kamis (5/10/2017).

Dirinya mengemukakan bahwa penambahan itu merujuk pada jumlah penduduk Dharmasraya yang sudah mencapai 200.500 jiwa. Hal itu berdasarkan Data Agregat Kependudukan (DAK) yang diserahkan oleh pemerintah daerah pada Kemendagri, yang selanjutnya diserahkan kepada KPU RI dan diteruskan ke KPU provinsi dan kabupaten/kota oleh KPU RI.

Sedangkan berdasarkan undang-undang pemilu setiap kabupaten/kota yang jumlah penduduknya diantara 200.000 hingga 300.000 jiwa harus memiliki 30 kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

“Jika melihat kondisi hari ini, jumlah kursi dan dapil akan bertambah, meski demikian tetap akan dibahas secara internal di KPU sebelum ditetapkan,” urainya.

Namun Komisioner kawakan itu juga mengatakan, kursi DPRD juga akan bisa tetap 25. Dan KPUD tidak bisa mengambil dan mendesak KPU provinsi ataupun KPU RI untuk penambahan jumlah kursi.

“Kita sifatnya hanya menerima keputusan dari KPU RI, dan tidak bisa mengotak-atik,” tegasnya.

Sesuai data yang didapat dari Kesbangpol, akan ada 22 partai yang ikut berkompetisi pada pileg nanti.

Dirinya menjelaskan, dari 22 partai itu, ada 5 partai baru yang ikut konpitisi. “Akan ada 5 partai baru nantinya, yakni Partai Berkarya, Partai Idaman, Partai Indonesia Damai, Partai PSI serta Perindo,” paparnya.

Sementara itu, Divisi Hukum Zainal Efendi mengatakan bahwa jumlah dapil diprediksi juga akan bertambah menjadi empat dapil, dari sebelumnya hanya tiga dapil, seiring dengan jumlah penduduk saat ini.

“Akan ada perubahan dapil nantinya, yakni empat dapil. Dapil satu Pulau Punjung IX KOTO, dapil dua Timpeh Sitiung, dapil tiga Tiumang, Koto Baru Dan Koto Salak, Padang Laweh. Lalu dapil empat Sungai Rumbai, Asam Jujuhan Koto Besar,” katanya.

Dari masing-masing dapil itu, sambung Zainal, akan ada ketentuan kursi masing-masing. “Untuk dapil satu 7 kursi, dapil dua 6 kursi, dapil tiga 9 kursi, dan dapil empat 8 kursi,” jelasnya.(Ek)

Bagaimana Menurut Anda