KPU Beltim Lakukan Sosialisasi Balon dan Salon Caleg

0

BELTIM-BABEL, BERITAANDA – KPU Belitung Timur (Beltim) langsung melakukan sosialisasi pengajuan bakal calon (balon) dan sarat calon (salon) bagi calon legislatif (caleg) berdasarkan peraturan KPU No. 20 tahun 2018, Selasa (3/7/2018).

Ketua Komisioner KPU Belitung Timur Rizal ST memaparkan, kami yang baru dilantik ini langsung menyelenggarakan kegiatan tersebut. Walaupun belum sempat berkoordinasi dengan pihak lain.

“Saat ini KPU Beltim hanya beranggotakan 3 orang komisioner, sebelumnya ada 5 orang. Dan kami melakukan sosialisasi secara langsung, mengingat waktu kian mepet,” jelas Rizal.

Selanjutnya Rizal mengatakan, KPU sudah melakukan sosialisasi di berbagai media. Sementara untuk pembukaan dimulai dari tanggal 4 hingga 17 Juli 2018 bagi bakal caleg yang ingin mendaftar.

“Kami akan menerima pada saat jam kerja, sampai saat terakhir pendaftaran hingga malam hari pukul 00.00 Wib. Lewat dari itu, dengan tegas kami tidak akan mengakomodirnya,” kata Rizal.

Yuli Restu selaku Komisioner KPU Belitung Timur Divisi SDM Tekhnis dan Humas mengatakan, bagi parpol (partai politik) yang ingin mendaftarkan bakal calonnya dengan membawa massa, diharuskan berkoordinasikan terlebih dahulu dengan KPU selaku penyelenggara pemilu.

“Bagi partai politik yang ingin membawa massa pada saat pandaftaran pencalonan bakal caleg, terlebih dahulu hendaknya berkoordinasi dengan kami, demi kenyaman dan keamanan kita semua,” jelas Yuli Restu.

“Korespondensi utama bagi kami hanya akan berhubungan dengan ketua parpol atau yang ditugaskan sebagai penghubung. Perlu diketahui, untuk LHKPN wajib bagi calon yang lolos terpilih, jika hal tersebut tidak dilakukan, KPU tidak akan melantik yang bersangkutan,” tegasnya lagi. (Helmi M Fadhil)

Bagaimana Menurut Anda