KPU Beltim Adakan Sosialisasi Alokasi Dapil dan Kursi Anggota Dewan

0

BELTIM-BABEL, BERITAANDA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) melaksanakan sosialisasi keputusan KPU RI nomor 272 /PL.01.3-Kpt/06/KPU/lV/2018 tentang penetapan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD provinsi dan kabupaten/kota wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2019 yang ditetapkan pada tanggal 4 April 2018.

Ketua KPU Beltim Pirmawan SE mengatakan, kegiatan ini kita gelar berdasarkan usulan dari masyarakat yang kemudian menjadi acuan, sehingga dijadikan dalam sebuah keputusan oleh PKPU RI. Kemudian menjadi keputusan dalam sebuah ketetapan oleh KPU RI yang dituangkan dalam draf keputusan yang bernomor.

“Berdasarkan PKPU ini adalah wewenang dari KPU kabupten/kota untuk mengusulkan dapil,” kata Pirmawan.

Lebih lanjut Pirmawan menegaskan, adapun keputusan usulan ditetapkan dalam jumlah kursi sama seperti pada pemilu di tahun 2014. Begitu juga jumlah daerah pemilihan masih sama, yaitu 3 (tiga) dapil. Masing-masing dapil terdiri dari beberapa kecamatan.

“Untuk dapil 1 (satu) Kecamatan Manggar dan Saimpang Renggiang, dapil 2 (dua) Kecamatan Damar dan Kelapa Kampit, dapil 3 (tiga) Kecamatan Simpang Pesak dan Dendang. Ini merupakan ketetapan oleh KPU pusat,” tegasnya.

Adapun alokasi kursi dapil untuk Provinsi Babel, Pirmawan menerangkan, terbagi menjadi 5 (lima) dapil. Diantaranya dapil 1 Kota Pangkal Pinang alokasi 7 kursi, dapil 2 Bangka Tengah 6 kursi, dapil 3 Bangka Selatan 6 kursi, dapil 4 Belitung dan Belitung Timur 9 kursi, dapil 5 Bangka Barat 7 kursi. Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal 4 April 2018.

“Pada intinya ini merupakan usulan dan keinginan masyarakat dengan uji publik. Apakah itu daerah pemilihan maupun alokasi kursi dari masing-masing daerah,”  tegasnya lagi.

Komisioner KPU Beltim Suro Mampan Siregar menambahkan, ia mengajak kepada semua pihak untuk sama-sama menjadikan pemilu terlaksana dengan lancar, aman, dan kondusif.

Dia berharap Beltim senantiasa tetap menjadi daerah yang tingkat partisipasi masyarakatnya tetap yang tertinggi.

“Kita berharap serta mengajak kepada masyarakat dan semua pihak mari kita jadikan Beltim ini tetap kondusif. Mari kita jadikan Beltim ini tetap diposisi pertama dalam tingkat partisipasi pemilu seperti pada tahun sebelumnya,” himbau Suro. (Helmi M Fadhil)

Bagaimana Menurut Anda