Kota Jambi dan Muaro Bungo Masuk Sepuluh Besar Inflasi

0

JAMBI, BERITAANDA – BPS Provinsi Jambi gelar berita resmi statistik yang disampaikan langsung oleh Dadang Hardiwan, Kamis (1/11/2018). Turut mendampingi Toto Abdul Fatah selaku Kabid Distribusi, dan Kabid Produksi Aidil Adha.

Dikatakan oleh Kepala BPS Provinsi Jambi Dadang Hardiwan, di bulan Oktober 2018, Kota Jambi mengalami inflasi sebesar 0.88 persen dan Kota Muaro Bungo juga mengalami inflasi sebesar 0.51 persen.

“Untuk indeks harga konsumen (IHK) Kota Jambi sebesar 133.07 dan IHK Kota Muaro Bungo tercatat sebesar 131.92,” jelasnya.

Inflasi pada Kota Jambi terjadi pada 6 (enam) kelompok pengeluaran barang dan jasa, karena adanya kenaikan indeks. Demikian juga di Kota Muaro Bungo, terjadi pada semua kelompok pengeluaran barang dan jasa karena adanya kenaikan indeks.

“Inflasi Kota Jambi terjadi kenaikan indeks harga pada 6 (enam) kelompok pengeluaran, kelompok bahan makanan sebesar 1.11 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau sebesar 0.58 persen, kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar sebesar 1.78 persen, kelompok sandang sebesar 0.77 persen, kelompok kesehatan sebesar 0.30 persen dan kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0.39 persen,” katanya.

Kemudian untuk Kota Muaro Bungo pada semua kelompok pengeluaran, kelompok bahan makanan sebesar 1.48 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0.06 persen, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0.26 persen, kelompok sandang sebesar 0.44 persen, kelompok kesehatan sebesar 0.26 persen, kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga sebesar 0.44 persen serta kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0.09 persen.

Ternyata, Kota Jambi menduduki peringkat ke-4 dan Muaro Bungo peringkat ke-8 dari sepuluh besar inflasi tertinggi. (Inro)

Bagaimana Menurut Anda